4 Hal Yang Bikin Cowok Super Insecure Tapi Enggak Berani Bilang Ke Pacarnya

By Indra Pramesti, Kamis, 18 Januari 2018 | 14:00 WIB
Ini dia insecurity yang dimiliki cowok tapi enggak mau dia ungkapkan! (Indra Pramesti)

Setiap orang pasti memiliki perasaan insecure dalam diri mereka. Termasuk juga pacar kita, nih. girls. Sebenarnya apa sih yang bikin cowok insecure? Ini dia 4 hal yang bikin cowok super insecure tapi enggak berani bilang ke pacarnya!

(Baca juga: Bongkar Kepribadian Kita Berdasarkan Cara Duduk. Seperti Apa Kepribadian)

Keinginan cowok buat ngebahagiain pacarnya kadang terhambat sama insecurity yang dia miliki. Karena enggak sedikit, lho cowok yang ngerasa enggak cukup baik buat pacarnya. Nah, biar dia ngerasa lebih tenang, kita jangan samapai kelewatan buat memuji dia saat dia melakukan hal yang bikin kita senang.

Kalau udah mikir enggak cukup baik buat pacarnya, biasanya cowok akan lanjut berpikiran kalau dia takut kehilangan kita. Akhirnya, enggak sedikit kasus cowok yang posesif, cemburu, dan jadi suka ngatur-ngatur pacarnya.

Dr Joseph Nowinski, psikolog klinis, memaparkan bahwa insecurity muncul dari bentuk ketergantungan kepada orang lain untuk bisa terlihat lebih baik. Sehingga, peran kita sebagai pacar juga penting buat menumbuhkan kepercayaan dirinya.

Patriarki mengubah cara berpikir cowok dan membentuk stigma kalau cowok enggak seharusnya mengungkapkan perasaannya secara terbuka. Akhirnya, cowok jadi takut buat menangis dan menunjukkan ketakutannya.

Sebagai orang terdekatnya, kita harus paham kalau stigma ini justru enggak baik buat kesehatan mentalnya. Kita bisa, kok, bilang ke pacar kita supaya enggak takut menunjukkan perasaannya sama kita. Dia bebas menunjukkan kesedihannya, kecewa, takut, bahkan menangis.

(Baca juga: 6 Kesalahpahaman Soal Kepribadian Introvert Yang Enggak Perlu Dipercaya!)