Selain Jonghyun 'SHINee', 6 Musisi Ini Juga Merilis Album Setelah Mereka Meninggal

By Kinanti Nuke Mahardini, Minggu, 8 April 2018 | 05:10 WIB
foto: koreaboo.com (Kinanti Nuke Mahardini)

Pernah mendengar istilah posthumous, girls? Istilah tersebut digunakan pada aktivitas atau segala sesuatu yang berkaitan dengan seseorang setelah orang tersebut meninggal, termasuk album.

Sebagai penghormatan terakhir untuk seorang penyanyi hebat, orang-orang terdekat atau yang pernah bekerja sama dengannya akan merilis album project terakhir penyanyi tersebut setelah dia meninggal.

Berikut 7 album posthumous dari penyanyi terbaik di seluruh dunia:

(Baca juga: Album Posthumous milik Jonghyun 'SHINee' Resmi Dirilis. Berikut 4 Fakta yang Harus Kita Ketahui!)

Album dengan 11 track yang bertajuk Poet Artist ini resmi dirilis 23 Januari versi digital dan 24 Januari versi fisiknya.

Jika dihitung, album ini dirilis oleh SM Entertainment menjelang 40 hari kematian Jonghyun.

Rilisnya album posthumous milik Marvin Gaye ini melalui proses yang panjang. Album ini baru rilis setelah 13 tahun kematian Marvin pada 1984.

Album ini terdiri dari 10 lagu dan proses rekamannya sudah dimulai dari tahun 1977 atau sekitar 7 tahun sebelum kematiannya.

Dilansir dari consequenceofsound.com, album ini merupakan album “identitas” bagi Gaye.

Album Milk and Honey milik John Lennon dan Yoko Ono secara keseluruhan bercerita tentang pernikahan dan kehidupan rumah tangga keduanya.

Album ini dirilis 4 tahun setelah kematian John Lennon.

Selena Quantanilla telah berjuang di music jazz-Amerika sejak ia berusia 18 tahun.

Dreaming of You merupakan album terakhir yang ia buat sebelum akhirnya ia meninggal karena tertembak dan dirilis di tahun yang sama oleh Capiyol Latin Label.

(Baca juga: 8 Film yang Tayang Setelah Aktor Pemerannya Meninggal. Sayang Banget!

Notorious B.I.G merupakan seorang rapper dengan nama asli Christopher Wallace. Ia meninggal pada 9 Maret 1997, tepat dua minggu sebelum album miliknya yang bertajuk Life after Death akan rilis.

Akhirnya pada 25 Maret 1997, album tersebut resmi dirilis oleh Rhino Atlantic Label.

Album ini di rilis pada 2 Desember 2011 oleh Island Records. Album ini merupakan album ketiga sekaligus terakhir dari Amy Winehouse.

Pada album ini terdiri dari 12 lagu dan beberapa single-nya menempati posisi pertama di beberapa negara seperti Australia, Austria, Jerman, dan Yunani.

Album ini dirilis 4 bulan setelah kematian Amy pada 23 Juli 2011.

Album ini dirilis pada tahun yang sama dengan kematian Chrisye. Dirlis oleh Musica Studios, lagu ini memuat 14 lagu hits milik Chrisye seperti ‘Pergilah Kasih’; ‘Kisah Kasih Disekolah’; ‘Kangen’.

(Baca juga: 27 Foto Perjalanan Hidup Jonghyun 'SHINee' 2008 - 2017. You've Worked Hard, Jonghyun!)