Wajib Tahu. Ini 11 Tanda Pacar Melakukan Kekerasan Emosional dalam Pacaran

By Ifnur Hikmah, Minggu, 28 Januari 2018 | 09:15 WIB
foto: dramabeans.com (Ifnur Hikmah)

Kekerasan tidak hanya fisik, tapi juga ada kekerasan emosional. Contoh paling gampang adalah ketika pacar sering marah atau berkata kasar kepada kita.

Berbeda dengan kekerasan fisik yang buktinya jelas, kekerasan emosional sering tidak terlihat akibatnya sehingga sering diabaikan.

Padahal, kekerasan emosional ini punya dampak yang besar juga, lho, dan salah satunya memengaruhi kepercayaan diri kita.

Sebelum terlambat, wajib tahu 11 tanda pacar melakukan kekerasan emosional dalam pacaran.

(Baca juga: belajar jadi cewek keren saat pacaran dari Taylor Swift)

Sala satu bukti kekerasan emosional ternyata bisa kita liat dari hal kecil, seperti cowok kita yang selalu pengin ada atau tahu tentang kita selama 24 jam setiap hari. Sikap mereka bisa enggak keliatan menjadi tanda kekerasan.

Cowok seperti ini bisa memanipulasi kita dengan chat romantis setiap saat, sering mengajak kita bertemu atau sering menghubungi kita saat enggak bersamanya.

Memang kedengarannya cute, tapi sebenarnya enggak sehat lho. Sikap seperti ini identik sama mengontrol. Seharusnya baik diri kita ataupun pacar, bisa memberikan sedikit ruang buat kita bergerak.

Pacaran yang sehat artinya, pacar kita akan merasa bangga dengan diri kita ataupun segala yang yang kita peroleh. Dia juga akan mendukung apapun keputusan kita yang bisa membuat kita bahagia.

Sikap cowok yang melakukan kekerasan emosional, sering merasa iri kalau mengetahui kita lebih daripada dia. Dia enggak peduli dan membuat kita menyerah dengan sendiri saat kita pengin mencapai sesuatu.