7 Seleb Korea yang Pernah Mengalami Pelecehan Seksual. Bikin Enggak Nyangka!

By Kinanti Nuke Mahardini, Sabtu, 27 Januari 2018 | 07:00 WIB
foto: allkpop.com (Kinanti Nuke Mahardini)

Menurut Komnas Perempuan, pelecehan seksual berarti tindakan seksual melalui sentuhan fisik maupun non-fisik dengan sasaran organ seksual atau seksualtias korban.

Misalnya pelaku memberi siulan, main mata, ucapan bernuansa seksual, colekan di bagian tubuh, atau gerakan dan isyarat bersifat seksual yang membuat korban menajdi tidak nyaman, tersinggung, dan merasa martabatnya direndahkan.

Pelecehan seksual ternyata bisa terjadi kepada siapa saja termasuk seleb Korea ini. Berikut 7 seleb Korea yang pernah mengalami pelecehan seksual:

(Baca juga: Pelecehan Seksual oleh Perawat di Rumah Sakit & 6 Kejadian Lain di Tempat yang Tidak Terduga)

Dilansir dari allkpop.com, girlband Oh My Girl pernah mendapatkan pelecehan seksual berupa kalimat berbau seksual.

Di salah satu konser yang diselenggarakan di Daegu University, seorang laki-laki tiba-tiba maju dan meneriakkan bahwa ia ingin berhubungan seksual dengan semua member Oh My Girl.

Penonton lain sontak marah dan mendorong laki-laki itu mundur. Beruntung member Oh My Girls tidak menyadari kalimat itu namun agensi sempat memberi peringatan pada laki-laki tersebut.

Aktris yang membintangi drama Boys Before Flowers ini melakukan bunuh diri setelah ia mengungkapkan bahwa dirinya menjadi korban kekerasan dan pelecehan seksual bahkan pemerkosaan.

Jang Ja Yeon dipaksa untuk menemani petinggi media hiburan Korea ketika bermain golf, mengantarkan minuman keras, dan melakukan hubungan seksual.

Hal ini membuat Jang Ja Yeon tidak kuat dan melakukan bunuh diri. Sayangnya, hingga sekarang kasus ini belum selesai karena ada kesan ditutup-tutupi.

Januari 2018, polisi memutuskan untuk membuka kembali kasus Jang Ja Yeon. Baca kronologi kasus Jang Ja Yeon di sini.

Ketiga boyband ini menjadi korban pelecehan seksual saat mereka tampil di Saturday Night Live. Komedian Lee Se Young menjadi tersangka utama dan sempat dilaporkan ke polisi atas dugaan pelecehan seksual.

Komedian perempuan ini dengan santainya memegang selangkangan dan mengarah ke kelamin member boyband. Dilihat di video tersebut, member boyband tersebut terlihat tidak nyaman.

Kasus ini dibawa ke jalur hukum oleh agensi Woolim Entertainment selaku agensi B1A4. Sesaat kemudian, Woolim membatalkan tuntutannya namun Lee So Young terpaksa mundur dari dunia hiburan kpop untuk sementara waktu.

Meskipun hal tersebut bercanda dan urusan pekerjaan, namun tidak sepatutnya dalam dunia hiburan melakukan hal yang tidak pantas.

Member f(x) yang satu ini juga pernah mengalami korban pelecehan seksual. Saat campaign #MeToo sedang booming, melalui akun instagram pribadinya ia mengungkapkan pernah menjadi korban pelecehan seksual.

Dilansir dari koreaboo.com, ia tidak menjelaskan detilnya namun hal tersebut ia alami ketika masuk di industri hiburan kpop. 

(Baca juga: Belajar dari Hashtag #BTSLoveMyself, Ini 6 Cara Mudah Mencintai Diri Sendiri! Kamu Siap?)

Meski tidak mengalaminya langsung, tapi kejadian ini sempat membuat fans marah.

Seorang streamer Korea, Yapyap atau yang punya nama asli Song Ewon, lewat live broadcast yang dilakukannya, memberikan pernyataan bernada pelecehan seksual kepada YoonA.

"YoonA sangat kurus. Ya, dia sangat kurus. Dia sangat kurus sehingga pasti akan menyakitkan. Kamu tahu, ketika kamu 'memegangnya' atau 'melakukan itu', itu pasti akan menyakitkan."

Bukan hanya YoonA, Ewon juga menyinggung Shin Min Ah. "Tidak seperti YoonA, Shin Min Ah itu menakjubkan."

Ewon hanya meminta maaf secara live karena ucapannya ini menimbulkan kontroversi.