8 Girlband Kpop yang Sudah Bubar Namun Diharapkan akan Comeback. Idola Kamu Termasuk?

By Kinanti Nuke Mahardini, Kamis, 25 Januari 2018 | 11:45 WIB
foto: koreaboo.com (Kinanti Nuke Mahardini)

Beberapa girlband memutuskan untuk bubar setelah banyak hal yang terjadi. Mulai dari berkurangnya anggota, kontrak yang telah berakhir, hingga masalah internal yang tidak dapat dijelaskan membuat 8 girlband ini terpaksa disband atau bubar.

Namun dari 8 girlband ini netizen Korea mangharapkan mereka comeback. Berikut 8 girlband yang sudah bubar namun diharapkan comeback:

(Baca juga: Selain Kang Daniel, 4 Member Wanna One Ini Juga Pernah Jadi Model MV Seleb Kpop Lain)

Wonder Girls merupakan salah satu girlband yang dikenal dengan julukan retro queen. Beberapa single Wonder Girls yang booming di seluruh dunia ialah Tell Me, So Hot, dan Nobody.

Sayangnya pada 2013, Sohee dan Sunye meninggalkan JYP Entertainment. Tersisa Yubin, Yeeun, dan Hyerim. Sunmi masuk untuk menggantikan Sohee dan Sunye.

Sayangnya, di awal 2017, JYP mengatakan bahwa Wonder Gilrs bubar dengan hanya Yubin dan Hyerim yang memperbaharui kontrak.

Bukan hanya terkenal di Korea, namun popularitas KARA di Jepang juga sangat baik. Penampilan yang enerjik dan natural membuat semua orang suka pada KARA.

Sayangnya, di 2014, Nicole dan Jiyoung memutuskan tidak akan memperbaharui kontrak mereka. Youngji masuk untuk memperkuat KARA, namun pada akhirnya mereka berempat tidak memperbaharui kontrak di 2016.

Lagu 4MINUTE selalu powerful. Lagu mereka juga selalu menjadi hits di seluruh Korea. Sayangnya di 2016, 4MINUTE memutuskan bubar dan hanya Hyuna yang memperbaharui kontrak dengan Cube Entertainment.

Unik, swag, dan selalu membuat siapa saja menyanyi ketika mendengar lagunya. 2NE1 bisa dibilang sebagai girlband yang terkenal di seluruh dunia. Musisi internasional seperti will.i.am dan m-flo pernah berkolaborasi dengan mereka.

Sayangnya, di 2014, Bom terkena skandal obat-obatan terlarang yang membuatnya harus mundur sementara waktu dari dunia musik kpop.

Hal tersebut membuat 2NE1 harus bekerja keras dengan 3 personil. Di 2016, Minzy memutuskan keluar dan akhirnya 2NE1 bubar.

(Baca juga: 7 Seleb Kpop Asli Korea Selatan dengan Visual Terbaik Menurut Media Korea. Ada Idola Kamu?)

Sesuai namanya, grup ini memberikan warna dan keceriaan bagi siapa saja yang melihat. Grup di bawah naungan DSP Entertainment ini akhirnya memutuskan untuk bubar setelah DSP Entertainment tidak melanjutkan kontraknya.

Queen of summer patut disematkan pada SISTAR. Lagu mereka selalu ceria namun powerful. Grup yang disebut-sebut sebagai grup serba bisa ini memutuskan untuk bubar dan comeback di saat yang bersamaan, yakni pada Mei 2017.

Popularitas Miss A tidak hanya berada di Korea, namun seluruh dunia terutama Cina. Tahun 2016, Jia meninggalkan grup dan JYP Entertainment.

Satu tahun kemudian di November 2017, Min juga meninggalkan JYP karena kontrak yang telah berakhir. Akhirnya di 2017, JYP Entertainment memutuskan untuk membubarkan Miss A.

Grup yang satu ini memang berasal dari Produce 101. Debut di April 2016, kontrak mereka berakhir di Januari 2017. Grup ini begitu dicintai banyak orang karena musik yang ceria dan member grup tegrolong fresh.

(Baca juga:  7 Musisi Korea Underrated (Kurang Terkenal) yang Musiknya Wajib Kita Dengar)