6 Seleb Kpop yang Pernah Terlibat Skandal Plagiarisme. Bikin Enggak Nyangka!

By Kinanti Nuke Mahardini, Jumat, 26 Januari 2018 | 09:29 WIB
Lagu underrated SEVENTEEN yang cocok didengar berdasarkan zodiak. (Kinanti Nuke Mahardini)

Kita mengenal nada terdiri dari 8, yakni do re mi fa sol la si do. Dari kedelapan nada tersebut, seorang musisi harus mampu membuat lagu dari berbagai instrumen.

Sempitnya range nada tersebut membuat beberapa lagu di antara musisi yang satu dengan lainnya terdengar sangat mirip. Kemiripan tersebut merupakan salah satu hal yang cukup sensitif karena bisa mengarah kepada plagiarism.

Berikut 6 idol kpop yang pernah terkena skandal plagiarism karena lagunya yang sangat mirip.

(Baca juga: Kalau Member BTS Jadi Pasangan Pendamping Kondangan, Kira-kira Kayak Apa Ya?)

Single tebaru dari Sunmi yang baru saja dirilis di 2018 juga terlibat skandal plagiarisme karena lagu ini, khususnya pada bagian chorus sebelum reff dianggap mirip dengan lagu milik Cheryl Cole yang berjudul Fight For This Love.

Dilansir dari allkpop.com, Teddy yang merupakan produser lagu ini mengatakan bahwa sangat wajar jika setiap lagu memiliki kemiripan.

Grup yang sedang naik daun ini terlibat kasus plagiat karena lagu terbaru mereka yang berjudul Bboom Bboom sangat mirip dengan lagu Mi Mi Mi milik Serebro. Jika kita dengarkan kedua lagu ini, kemiripan akan terjadi di awal lagu.

Nada yang mengiringi sangat mirip. Ketika penyanyi mulai menyanyi, cara bernyayi yang mereka bawakan juga sedikit rap. Lagu ini hanya berbeda di tengah karena Momoland menyebutkan Bbom, Bbom. Bagaimana menurut kamu?

Lagu comeback Seventeen yang berjudul Don’t Wanna Cry ini sempat dituduh menjiplak lagu milik The Chainsmokers & Coldplay yang berjudul Something Just Like This.

Kemiripan ini terdapat pada nada yang mengiringi kedua lagu ini karena sama-sama berasal dari instrumen electronic music dance. Apalagi pada bagian reff hentakan musik musik Don’t Wanna Cry sangat mirip dengan Something Just Like This.

Dilansir dari billboard.com, KOMCA atau Korean Music Copyright Association akhirnya memasukkan nama The Chainsmokers dan Coldplay dalam copyright lagu ini.

(Baca juga: Seleb Kpop ini Kuliah di Universitas yang Sama. Sudah Tahu?)

Salah satu lagu TWICE yang berjudul Someone Like Me dianggap menjiplak lagu Starving milik Hailee Stanfield karena lagu ini sama-sama diiringi oleh petikan gitar yang lembut. TWICE yang biasanya sedikit ceria juga tiba-tiba menjadi jazzy seperti lagu Starving.

Hal inilah yang menyebabkan netizen menganggap lagu TWICE yang satu ini menjiplak milik Hailee Stanfield.

Dumb Dumb milik Red Velvet ini pernah terkena skandal plagiat karena permulaan lagu mereka sangat mirip dengan lagu Bang Bang yang dinyanyikan oleh Ariana, Jessie J, dan Nicki Minaj.

Meskipun setelah part awal keduanya lagu berbeda, namun lagu ini tetap dianggap menjiplak meski tidak terbukti.

Dilansir dari allkpop.com, netizen menyadari bahwa lagu Compass milik GFriend sangat mirip dengan Tokyo Girl milk Perfurme. Hanya lagu Compass dibuat sedikit lebih slow, namun awal kedua lagu ini sangat mirip.

(Baca juga: Selain Yong Hwa 'CNBLUE', 2 Seleb Korea Ini Juga Masuk Wamil Setelah Terlibat Skandal)