Cerita Rakyat Indonesia yang Dibawa ke Ruang Digital oleh Youtube. Wajib Diakses, nih!

By Kinanti Nuke Mahardini, Minggu, 28 Januari 2018 | 03:30 WIB
Dongeng, Yuk (Kinanti Nuke Mahardini)

Pada 27 Januari kemarin, Youtube Indonesia bersama dengan Ayo Dongeng Indonesia menggelar sebuah acara yang bertajuk ‘Dongeng,Yuk!’ Acara ini digelar sebagai bentuk keprihatinan atas Dongeng atau cerita rakyat yang sudah mulai dilupakan. Oleh karena itu, Youtube menginginkan cerita rakyat tersebut dibawa ke ruang digital agar anak-anak tetap bisa menikmati cerita rakyat dan cerita tersebut tidak terlupakan. 

Sejumlah tokoh ternama masyarakat hadir dalam acara tersebut dan uniknya mereka mendongeng untuk adik-adik kecil di sana. Kalau kita ingin mendengarkan cerita rakyat kita bisa mengakses melalui YouTube. Jutaan dongeng dan cerita rakyat kini dengan mudah dapat diakses menggunakan media sosial termasuk YouTube. Keseruan semakin terasa ketika beberapa publik figur seperti Najwa Shihab; Cindy Gulla; Hujan Tanda Tanya; Kok Bisa membawakan dongeng yang seru untuk anak-anak. 

(Baca juga: 21 Seleb Korea Ini Tertangkap Kamera Saat Naik Kereta. Paling Pengin Ketemu Siapa Nih?)

Najwa Shihab yang berperan sebagai Duta Baca Indonesia membawakan cerita dari Sulawesi Selatan yang berjudul 'La dana dan seekor Kerbau'. Dongeng ini menceritakan kecerdikan seorang pemuda dari Tanah Toraja yang bernama La Dana. Selain La Dana, beberapa cerita rakyat lain ialah Kisah Biji Semangka dari Kalimantan Barat; Suri Ikun dari Nusa Tenggara Timur; Padi Muda dari Aceh; Ibu Kandung Kucing dari Jambi; Burung Cendrawasih dari Papua. Seluruh kisa tersebut dapat diakses melalui YouTube dimanapun dan kapanpun. Selamat mendengarkan Dongeng!

(Baca juga: Bikin Iri, Dua Cewek Indonesia Ini Pernah Bintangi Drama Korea)