8 Orang Jenius Ini Memiliki IQ Melebihi Einstein. Ada yang Kuliah di Usia 9 Tahun!

By Debora Gracia, Senin, 29 Januari 2018 | 11:27 WIB
Keren! (Debora Gracia)

IQ (Intelligence Quotient) adalah kecerdasan intelektual seseorang yang diukur berdasarkan kemampuan nalar, merencanakan, memecahkan masalah, dan menggunakan bahasa. Rata-rata IQ manusia adalah 100. Memiliki IQ di atas 140 masuk ke dalam kategori jenius.

Albert Einstein, penemu teorin relativitas memiliki IQ 160 dan dianggap sebagai manusia paling cerdas di bumi ini. Tapi ternyata saat ini ada 8 orang jenius lainnya yang punya IQ melebihi Einstein. Penasaran? Yuk, kita simak!

Jacob Barnett - IQ 170

Jacob Barnett didiagnosis menderita autisme pada usia dua tahun. Dokter memperkirakan Jacob tidak akan pernah bisa belajar mengikat tali sepatunya sendiri. Tapi kenyataan berkata lain. Jacob berhasil menyelesaikan kelas 6-12 dalam waktu kurang dari setahun. Ia kuliah di usia 10 tahun.

Saat berusia 13 tahun, dia telah menjadi seorang fisikawan. Saat ini dia sedang mengejar gelar PhD-nya pada usia 19 tahun. Keren!

Judit Polgár - IQ 170

Judit Polgár dianggap sebagai pemain catur wanita terbaik sepanjang masa. Pada tahun 1991, saat berusia 15 tahun, dia adalah pemain termuda yang mendapat gelar Grandmaster Internasional.

Rick Rosner - IQ 192 sampai 198

Rick Rosner telah melakukan lebih dari 30 tes IQ. Rata-rata hasilnya menunjukkan dia memiliki IQ antara 192 dan 198. Saat ini ia menjadi penulis skenario televisi. Dia pernah menggugat kantor berita ABC karena membuat berita yang salah tentang dirinya saat mengikuti kuis Who Wants to Be a Millionaire. Dia berhasil mencapai level hadiah 16.000 dollar saat mengikuti kuis tersebut.

(Baca juga: 10 Kisah Anak Muda yang Telah Memberikan Perubahan Pada Dunia. Inspiratif!)

Evangelos Katsioulis - IQ 198

Evangelos Katsioulis memegang IQ tertinggi di dunia menurut World Genius Directory. Psikiater asal Yunani ini juga memiliki gelar dalam filsafat dan teknologi penelitian medis.