7 Hal Yang Tanpa Disadari Bikin Kram Selama Menstruasi

By Indra Pramesti, Jumat, 30 Maret 2018 | 12:15 WIB
Ini dia hal yang ternyata bikin kram saat menstruasi! (Indra Pramesti)

Bagi seorang cewek, menstruasi bukan lah hal yang asing. Yap, siklus yang kita alami setiap bulannya ini memang kadang bikin kita kecapekan. Bahkan, enggak jarang kita juga mengalami kram atau nyeri perut. Wah, kalau udah mengalami nyeri ini, biasanya segala macam kegiatan bisa kita batalin.

Tapi kamu tahu, enggak, sih, girls. Tanpa kita sadari, sebenarnya ada 7 hal yang tanpa kita sadari bisa bikin kram selama menstruasi, lho. Yuk langsung disimak.

(Baca juga: Ini Kata Cowok Tentang Alasan Mereka Tiba-tiba Menghilang Saat PDKT dan Cara Menghadpainya)

Kandungan kafein ternyata bisa bikin kram semakin parah, lho, girls. Alasannya adalah karena kafein bisa bikin dehidrasi dan diuretic yang memicu kram pada perut.

Olahraga tertentu seperti lari yang membuat perut terguncang, bisa bikin kram perut apalagi kalau kita melakukannya saat menstruasi. Sebaliknya, ganti olahraga lari dengan olahraga lain yang lebih ringan, seperti jongging ringan, jalan, yoga, atau pun pilates.

Siklus menstruasi memang selalu bikin kita kelaparan. Tapi jangan sampai kita malah makan makanan yang mengandung banyak gula, ya, girls. Karena jenis makanan ini yang sering jadi pemicu kram saat menstruasi.

Stres juga jadi salah satu pemicu kram perut, lho, girls. Jadi selama mesntruasi, kita harus pintar-pintar mengatur emosi kita biar enggak bikin kram semakin parah.

Saat menstruasi, sebaiknya kita bis amengatur waktu tidur kita dengan lebih baik. Karena kurang tidur justru menyebabkan kram perut saat siklus menstruasi berlangsung.

Selain makana yang banyak mengandung gula, makanan berlemak dan terlalu asin, juga bisa menjadi penyebab kram perut, lho. Jadi, kita harus pintar-pintar mengatur asupan makanan yang kita konsumsi, ya, girls

Selain tidur yang enggak teratur, pola makan yang enggak teratur juga bikin kram perut kita semakin parah. Ini disebabkan karena ketika perut kita kosong, asam di dalam perut akan meningkat, sehingga kram menstruasi pun akan semakin parah.

(Baca juga: Haruskah Memaafkan Pacar Yang Sudah Melakukan Kekerasan Seksual Pada Kita? )