7 Grup Kpop yang Ditinggalkan Membernya Sesaat Setelah Debut. Sayang Banget!

By Kinanti Nuke Mahardini, Jumat, 16 Maret 2018 | 09:00 WIB
foto: pinterest.com (Kinanti Nuke Mahardini)

Sebuah boyband dan girlband membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk mencapai popularitasnya. Begitu juga dengan membernya yang juga berjuang bersama grup tersebut.

Meskipun begitu, beberapa member dari boyband dan girlband ini memilih untuk mundur dengan berbagai alasan yang berbeda, padahal jika dihitung semenjak mereka debut bersama grup tersebut usianya masih cenderung baru.

Berikut 7 grup yang sudah ditinggalkan membernya di usia yang masih baru semenjak debut:

(Baca juga: Pilih Song Joong Ki atau 4 Aktor Cowok Korea Lainnya yang Punya Nama Marga ‘Song’?)

Grup yang berada dibawah naungan Woolim Entertainment ini baru debut pada 2017 lalu. Namun, pada 7 Januari 2018 lalu, Jaeseok memutuskan untuk mundur dari Golden Child karena alasan kesehatan.

Keluarnya Jaeseok membuat Golden Child tetap melanjutkan karir bersama 10 member.

Bergabung dengan WM Entertainment sebagai agensinya, Oh My Girl pertama kali debut di tahun 2015 dengan 8 member. Namun, semenjak 30 Oktober 2017, JinE resmi meninggalkan grup karena alasan kesehatan.

Semenjak meninggalkan Oh My Girl, JinE juga membatalkan semua kontrak bersama WM Entertainment. Saat ini, Oh My Girl comeback dengan 7 member. 

Sesuai namanya, DAY6 debut bersama dengan 6 member di tahun 2015 bersama dengan JYP Entertainment. Sayangnya, pada 27 februari 2016, Junhyuk memutuskan untuk meninggalkan DAY6 dan JYP Entertainment dengan alasan pribadi.

Sempat beredar rumor bahwa, JYP Entertainment memberhentikan kontrak Junhyuk karena dating scandal.

Debut pada Februari 2012, EXID beranggotakan Yuji, Hani, Haeryeong, Junghwa, LE, dan Dami. Namun, debut mereka dikatakan tidak berhasil sama sekali.

Secara mengejutkan Yuji, Dami, dan Haeryeong meninggalkan grup dengan alasan yang berbeda. Yuji dan Dami ingin fokus pada sekolah mereka sedangkan Haeryeong ingin fokus pada dunia akting.

Kini, EXID sudah mantap dengan 5 anggota yakni Solji, LE, Hani, Hyelin, dan Jeonghwa di bawah Banana Culture Entertainment.   

(Baca juga: 7 Tokoh di Drama Korea yang Meninggal dan Disayangkan oleh Penonton. Awas Spoiler!)

Girl’s Day merupakan salah satu girlband yang debut pada 2010 dengan Jihae, Jisun, Jiin, Sojin, dan Minah sebagai membernya. Sayangnya, debut pertama mereka tidak berhasil.

Dua bulan setelah debut, Jisun dan Jiin meninggalkan grup dan digantikan oleh Yura dan Hyeri. Pada 2012, Jihae menyusul Jiin dan Jisun meninggalkan Girl’s Day dengan alasan pribadi yang tidak dijelaskan.

APINK debut di 2011 dengan 7 member pada awalnya. Member tersebut ialah Chorong, Bomi, Eunji, Naeun, Namjoo, Hayoung, dan Yookyung.

Sayangnya, pada 2013, Yookyung memutuskan untuk meninggalkan APINK karena ingin fokus dengan studi yang sedang ia tempuh.

Meskipun grup ini disband di 2017, namun setelah 10 tahun berkarir sudah banyak hal yang terjadi termasuk perubahan member. Debut di 2007, saat itu Wonder Girls ditinggalkan oleh Hyuna, satu bulan setelah mereka debut.

(Baca juga: Kang Daniel dan BTS Masuk dalam Nominasi Power Leader Forbes 2030. Daebak!)