7 Film Indonesia yang Dibuat dengan Biaya Termahal. Bikin Enggak Nyangka!

By Kinanti Nuke Mahardini, Rabu, 31 Januari 2018 | 11:10 WIB
foto: youtube.com (Kinanti Nuke Mahardini)

Siapa sangka ketika membuat sebuah film, crew perfilman Indonesia menggelontorkan banyak dana yang tidak sedikit agar film tersebut terlihat maksimal. Berikut 7 film Indonesia yang dibuat dengan biaya termahal:

(Baca juga: 5 Mitos dan Legenda Tentang Gerhana Bulan dari Seluruh Dunia. Bikin Merinding!)

Film yang terdiri dari Merah Putih, Darah Garuda, dan Hati Merdeka ini merupakan film yang menceritakan tentang perjuangan rakyat Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan NKRI dari tangan penjajah.

Setting waktu pada tahun 1940-an, peperangan yang ada di film tersebut, dan aktor yang memerankannya membuat film ini mengeluarkan dana sebesar 64 miliar rupiah.

Gunung Emas Almayer merupakan salah satu film kolosal yang menceritakan tentang perjuangan kapal Almayaer, pedagang senjata berkebangsaan belanda, yang percaya bahwa terdapat gunung emas di Malaka.

Film ini dibintangi oleh aktor dan aktris dari Australia, Indonesia, dan Malaysia. Dana yang digelontorkan pada film ini mencapai 60 miliar rupiah.

Sukses dengan film The Raid yang pertama, sutradara Gareth Evans akhirnya membuat film The Raid 2. Film ini mengeluarkan biaya hingga 54 milyar rupiah dari pra produksi hingga penayangan.

Namun, budget film ini setara dengan penghasilannya yang mencapai $170.000. Film ini juga mendapatkan Best Movie of The Year pada ajang Indonesian Choice Awards tahun 2014.

Aktor dan aktris ternama yang membintangi film ini menjadikan budget dari film ini sangat besar dan mencapai 40 milyar rupiah. Film yang diangkat dari novel karya Habiburahman El Sirazy ini menceritakan tentang lika-liku pemuda yang bersekolah di Mesir dan pencarian jodoh yang baik.

(Baca juga:10 Lagu Barat dengan Makna Dalam Soal Kehidupan dan Menyinggung Isu Sosial)

Dibintangi oleh Shandy Aulia dan Samuel Rizal serta mengambil setting tempat di San Fransisco, Amerika Serikat membuat biaya produksi film ini mencapai 30 milyar rupiah. Sayangnya, keuntungan film ini hanya mencapai 3 milyar rupiah saja.

Segera tayang di bioskop, film ini menjadi film yang wajib ditonton karena banyak efek CGI yang akan ditampilkan. Film ini menggelontorkan dana sekitar $2.000.000 atau kurang lebih 27 milyar rupiah. Semoga film ini tidak mengecewakan ya, girls!

Film ini bercerita tentang pendekar yang memiliki empat orang murid. Pendekar tongkat emas bersama dengan muridnya harus mampu menumpas kebatilan dan pengkhianatan dalam film ini. Budget produksi film ini mencapai 26 milyar rupiah.

(Baca juga: 7 Grup Kpop yang Ditinggalkan Membernya Sesaat Setelah Debut. Sayang Banget!)