8 Gerakan Bela Diri Sederhana Saat Kita dalam Keadaan Terancam. Bisa Dicoba!

By Debora Gracia, Kamis, 1 Februari 2018 | 10:27 WIB
Jangan panik ya! (Debora Gracia)

Saat diserang penjahat dalam situasi apa pun, rasa panik itu pasti ada. Tapi jangan sampai kita kalah dari rasa panik tersebut dan mulai ikuti gerakan Ini adalah gerakan paling efektif yang bisa kita lakukan. Raih dan buka telapak tangannya dengan mengelompokkan jari-jari seperti di gambar atas.

Kalau kita enggak bisa meraih tangannya, ayunkan kepalan tangan di antara selangkangan atau di jakunnya. Area yang paling jelas menjadi titik lemah adalah pangkal paha. Hal ini akan bikin ia hilang konsentrasi, setelah itu segera melarikan diri!

Jika kita tidak bisa menggerakkan tangan karena terperangkap, posisikan tangan di depan panggul. Lalu, tekan hidungnya dengan dahi kita, ini akan membuat dia menjauh. Kemudian, tekan selangkangannya dengan lutut dan larilah!

Cara lain adalah melindungi diri dengan telapak tangan. Luruskan lengan kiri dan tekan dagu penyerang dan hidungnya dengan tangan kanan. Pukul dia di pangkal paha sampai dia roboh.

(Baca juga: Caranya pertama putar lengan kita ke sisi jempol penyerang. Jika dia memegang lengan kita dengan erat, putar pergelangan tangan ke jempolnya. Saat lengan kita berada di bawah penyerang, tarik tangan kita lagi sekuat tenaga.

(Baca juga: Pertama, condongkan kepala kita ke belakang hingga penyerang ikut berposisi mundur. Lalu, bungkuk dan ambil kakinya yang diposisikan di depan. Tarik kakinya ke depan hingga dia terjungkal ke belakang. Seberapa besar lawan kita, dia pasti akan jatuh juga.

Pukulan siku sangat berbahaya untuk penjahat yang menyerang dari samping, karena bisa membuat ia mundur berapa langkah. Setelah itu pukul dia di perut atau dadanya.

Penjahat juga sering menyudutkan korbannya dengan posisi ini. Jangan lengah, ingat titik-titik kelemahan cowok tadi dan tekan salah satunya tergantung posisi kita.

Semua gerakan ini bisa dilakukan oleh kita, asalkan kita punya keberanian dan terus berlatih agar pukulan kita bisa kuat, girls. Jangan takut, ya!

TribunStyle/Delta Lidina

Artikel ini pertama kali tayang dengan judul, "8 Gerakan Simpel Bela Diri Buat Wanita Saat Kondisi Terancam Mendadak Diserang Pria Jahat!"