7 Film Indonesia Paling Ikonik Sepanjang Masa. Ada Film Favorit Kamu?

By Kinanti Nuke Mahardini, Selasa, 13 Februari 2018 | 14:15 WIB
Curhat Cewek yang Punya Pengalaman Mirip Milea di Film Dilan 1990, Ketika Harus LDR Sama Pacar Namun Ada Cowok Baru yang Deketin! (Kinanti Nuke Mahardini)

Film dan penontonnya merupakan dua sisi mata uang yang tidak dapat dipisahkan. Keberhasilan sebuah film bisa dinilai dari seberapa puas penonton ketika menyaksikan itu.

Beberapa film Indonesia bisa dibilang sangat berhasil sampai ke penonton bahkan membuat mereka sampai bisa mengingat setiap adegannya.

Jika sudah seperti ini, film tersebut bisa kita golongkan sebagai film yang ikonik. Berikut 7 film Indonesia yang paling ikonik sepanjang masa:

(Baca juga: 10 Film Horor Indonesia Paling Legendaris Sepanjang Masa, Berani Nonton?)

Film ini bisa dibilang menjadi salah satu film yang paling ikonik. Bagaimana tidak, mulai dari soundtrack hingga potongan adegan membuat film ini ikonik dan mudah dikenal.

Tidak ada yang tidak tahu dengan adegan “salah gue? Salah temen-temen gue” atau “Rangga, yang kamu lakukan ke saya itu, jahat.”

Soundtrack dengan judul yang sama membuat film ini menjadi ikonik. Tidak ada yang tidak tahu dengan nada “badai pasti berlalu.” Ditambah lagi dengan jalan cerita hidup Siska yang rumit.

Bisa dibilang, Siska selalu salah jatuh cinta dengan cowok yang salah. Namun, suatu saat Siska harus yakin bahwa badai (kegegalan dalam cinta) pasti akan berlalu.

Tidak ada yang tidak tahu cerita tentang Galih dan ratna. Cerita ini bahkan seperti legenda karena secara turun-temurun kita tahu bagaimana tragisnya kisah cinta Galih dan Ratna karena perbedaan ststus sosial dan latar belakang.

Jalan cerita yang berani membuat film ini menjadi film yang ikonik dan diremake tahun 2017 lalu.

Ada yang enggak biasa dari film ini. Tita selalu memanggil namanya dengan “Tita” jarang menggunakan kata ganti.

Jalan cerita ketika cinta jadi benci juga membuat film ini menjadi salah satu film yang ikonik.

Dan, Paris yang romantis bikin film ini selalu dikenang.

(Baca juga: 9 Drama Korea Ini yang Melambungkan Nama Seleb Aktor Pemainnya, Ada Favoritmu?)

Meskipun baru saja tayang di 2018, film ini bisa dibilang menjadi film yang ikonik. Puisi yang diciptakan oleh Dilan untuk Milea menjadi salah satu unsur yang akan selalu diingat publik.

Enggak dipungkiri, puisi Dilan untuk Milea siap bikin kita senyum-senyum sendiri.

Film yang diangkat dari novel ini menceritakan tentang ketulusan seorang perempuan bernama Aisha dalam mencintai Fahri meskipun banyak tantangan yang menghadang pasangan ini.

Film ini menjadi film ikonik karena genre romance yang diangkat. Belum lagi soundtrack dengan judul yang sama semakin membuat film ini menjadi ikonik.

Segala film yang dibintangi oleh Dono, Kasino, dan Indro pasti laku dipasaran. Bisa dibilang film yang dibintangi mereka merupakan film yang ikonik.

Hal tersebut disebabkan karena selerea komedi yang dibawakan ditambah lagi dengan kalimat ikonik seperti “Gile lu, Ndro.”

Kesuksesan film ini membuat pegiat industri film tanah air membuat remake dari film Warkop DKI. Lagi, film ini sukses di pasaran.

(Baca juga: 5 Dokter Kharismatik di Drama Korea yang Datang untuk Balas Dendam. Tokoh Favoritmu Termasuk?)