Apakah Lulusan IPA Bisa Memiliki Profesi di Dunia Digital? Ini Jawabannya.

By Indra Pramesti, Kamis, 15 Maret 2018 | 11:10 WIB
Lulusan jurusan IPA juga bisa bekerja di dunia digital, lho! (Indra Pramesti)

Internet, media sosial, dan kemajuan teknologi berhasil menciptakan banyak lapangan pekerjaan baru. Peluangnya masih banyak banget dan sangat menjanjikan.

Lalu bagaimana dengan nasib jurusan IPA yang pengin punya profesi di dunia digital. Bisakah? Jawabannya tentu saja hal ini memungkinkan. Meski kerap dikaitkan dengan jurusan yang fokus dengan ilmu alam atau hitungan eksak, ternyata lulusan IPA juga dibutuhkan dalam beberapa pekerjaan yang berkaitan dengan digital, lho.

(Baca juga: Jurusan Kuliah Yang Paling Difavoritkan di Tahun 2018)

Untuk bisa memiliki profesi tersebut, kita bisa memulainya dengan mengambil jurusan kuliah Teknik Informatika, di mana kita akan memperlajari soal ilmu komputer, perangkat lunak, jaringan komputer, dan implementasinya terutama di bidang bisnis dan usaha.

Nah, supaya kita bisa menguasai teknik Infomatika dengan baik, kita harus paham logika dan matematika, nih. Hal yang enggak asing buat lulusan jurusan IPA, kan?

Buat kita yang tertarik menjalani profesi tersebut, bisa memulainya dengan masuk ke jurusan kuliah Cyber Security. Di jurusan ini, kita akan memperlajari bagaimana cara memproteksi berbagai industry serta pemerintah dari serangan yang ada di dunia maya atau bahasa kerennya cyber attack.

Di jurusan ini, kita akan dibekali ilmu dan pengetahuan dalam menguji, merancang, dan mengimplementasikan pertahanan dalam dunia maya. Jurusan Cyber Scurity juga difokuskan buat kita yang punya keterampilan di bidang sains komputer dan mampu berpikir kritis. Cocok banget kalau kita gemar dengan IT dan Matematika.

Selain pekerjaan di atas, lulusan jurusan IPA yang tertarik buat berprofesi di dunia digital juga sangat terbuka lebar, lho. Misalnya sebagai Network Engineer dan Database Administrator yang sangat dibutuhkan di industri telekomunikasi.

Atau kalau kita punya kegemaran di bidang seni, kita juga bisa terlibat dalam produksi film atau game yang menggunakan efek-efek visual supaya terlihat semakin hidup.

Semua pekerjaan tersebut enggak terlepas dari peran teknologi digital yang bisa diterapkan lebih baik kalau kita adalah lulusan jurusan IPA. So, enggak ada yang enggak mungkin, kan, girls?

(Baca juga: 6 Jurusan Kuliah Jalur Sosial & Hukum yang Sepi Peminat Tapi Punya Prospek Kerja Tinggi )