Apakah Normal Vagina Terasa Gatal Sehabis Menstruasi?

By Debora Gracia, Senin, 19 Februari 2018 | 02:56 WIB
Normal atau enggak, ya? (Debora Gracia)

Sebagai cewek, kita akan mengalami menstruasi setiap bulannya dan ada banyak hal yang terjadi saat masa menstruasi. Misalkan, perubahan hormon tubuh hingga kadang berpengaruh kepada mood kita. Selain itu, sering kali setiap menstruasi selesai, vagina kita terasa gatal dan menganggu.

Apakah hal tersebut itu normal? Dan, bagaimana cara untuk mengurangi rasa gatal tersebut? Yuk, kita cari tahu jawabannya.

Bukan hanya sehabis menstruasi, vagina bisa terasa gatal sebelum dan ketika masa menstruasi. Kita tidak perlu khawatir karena hal tersebut. Rasa gatal pada vagina sehabis menstruasi biasanya disebabkan oleh beberapa hal.

Pertama, bisa dikaitkan dengan infeksi ragi, yang berasal dari benda-benda yang menyentuh vagina kita saat menstruasi seperti pembalut, tisu, sabun, handuk, celana dalam, dan lainnya. Vagina bisa terasa sensitif karena bahan-bahan tersebut yang akhirnya menimbulkan rasa gatal.

Kedua, perubahan hormon yang terjadi pada menstruasi juga bisa menyebabkan vagina gatal. Sama halnya seperti perut yang kram, perubahan mood tak menentu, timbulnya jerawat, dan rasa pegal-pegal pada pinggul, itu semua adalah hal yang normal kita alami. Jadi, tidak perlu takut ketika vagina terasa gatal sehabis menstruasi.

(Baca juga: Sebelum Diciptakan Pembalut, Cewek Menstruasi Pakai Apa Ya?)

Langkah pertama adalah membersihkan vagina dengan tepat. Bisa gunakan air suam-suam kuku untuk mengurangi rasa gatal. Tapi sebaiknya hindari penggunaan sabun atau pembersih vagina yang bisa memicu rasa gatal makin kuat pada vagina.

(Baca juga: 7 Tanda Kram yang Perlu Diwaspadai Saat PMS & Menstruasi)

Selain itu, coba gunakan celana dalam yang berbahan katun dan longgar, sehingga vagina akan lebih mudah untuk bernapas. Hanya saja, jika sudah lebih dari seminggu sejak masa menstruasi selesai, dan vagina masih terasa gatal, lebih baik segera periksakan ke dokter.