5 Cerita Princess Disney Ini Ternyata Terinspirasi Kisah Nyata. Enggak Nyangka!

By Debora Gracia, Minggu, 1 April 2018 | 09:49 WIB
Ada yang ending bahagia, ada yang sedih! (Debora Gracia)

Kalau dari cerita filmnya, Ariel berhasil menyelamatkan pangeran yang tenggelam itu dan menjadi manusia. Pangeran berterima kasih pada Ariel dan jatuh cinta dengan kecantikan gadis itu, lalu menikahinya.

Dalam versi aslinya yaitu dongeng klasik Hans Christian Andersen, Ariel menyelamatkan sang pangeran yang tenggelam dan jatuh cinta kepadanya. Ariel menukar suaranya pada Ursula dengan sepasang kaki, tapi kaki itu akan terasa selalu pedih saat melangkah.

Saat ia sampai di daratan, pangeran telah menikah dengan gadis lain yang dia kira telah menyelamatkan hidupnya. Ariel pun menceburkan dirinya ke laut menjadi buih-buih ombak.

Moana bukan sosok yang ada dalam dunia nyata atau mitologi. Awalnya, para produser film pengin bikin cerita tentang Maui, sosok dewa yang membuat pulau-pulau di Polynesia.

Tapi saat survei lokasi, mereka terinspirasi dari gadis-gadis Polynesia yang cantik, berambut ikal, berkulit gelap dan bisa berlayar dengan sangat baik.

Gadis Polynesia itulah yang menjadi inspirasi sebagai sosok Moana. Dalam mitologi aslinya, Maui bertubuh kurus dan muda, berbeda jauh dengan penggambaran Maui dalam film yang bertubuh besar.

(Baca juga: Mulan berasal dari sebuah legenda dari China. Di film yang kita tonton, Mulan digambarkan adalah cewek yang pintar berperang dan menyamar sebagai pria untuk menggantikan tugas ayahnya.

Sayangnya, identitas Mulan terbongkar tapi dia tetap bisa menyelamatkan kekaisaran yang dibelanya.

Versi aslinya, Mulan pergi berperang selama 10 tahun dan ia menolak semua penghargaan militer lalu pulang ke rumah. Dia mendapati keluarganya tidak ada dan ayahnya telah meninggal. Mulan mengakhiri hidupnya dengan cara bunuh diri karena merasa kesepian. Tragis, ya!

Awalnya, dongeng ini ditulis oleh Madame Gabrielle Suzanne de Villeneuve dan diterbitkan tahun 1740 di Perancis. Terinspirasi dari pasangan sungguhan yang pernah dia lihat bernama Pedro dan Catherine Gonsalvus.

Pedro mengalami kelainan genetik yang menyebabkan tubuh dan wajahnya dipenuhi bulu-bulu tebal dan panjang.

Catherine enggak pernah melihat wajah Pedro sebelum hari pernikahan. Perbedaannya dari cerita Beauty and the Beast, Pedro tidak berubah jadi pangeran tapi Catherine tetap mencintainya dan mereka punya 7 anak.

(Baca juga: Frozen adalah dongeng klasik Hans Christian Andersen yang menampilkan sosok Elsa jauh berbeda dari kisah aslinya. Di cerita dongeng aslinya, Elsa adalah putri yang bisa mengubah semua jadi salju dan es. Elsa juga tinggal di istana es.

Elsa menculik seorang anak cowok bernama Kay dan memancingnya dengan ciuman. Kay berhasil diselamatkan oleh sahabatnya, Gerdam setelah bertahun-tahun menjadi tawanan Elsa.

Intisari.id/Aulia Dian Permata

Artikel ini pernah tayang dengan judul, " 5 Karakter Putri Dalam Film Disney Ini Berasal Dari Kisah Nyata, Namun Akhir Ceritanya Jauh Berbeda! Ini Faktanya"