Apakah Kamu Sering Over Analyst? Atasi Dengan 3 Cara Berikut!

By Indra Pramesti, Senin, 19 Februari 2018 | 13:30 WIB
Ini dia biar kita enggak kelewat over analyst sama seseorang! (Indra Pramesti)

Menurut sebuah penelitian dari Univeristy of Michigan, menunjukkan 57% cewek memang punya kecenderungan over-analyst. Over analyst adalah suatu kondisi saat kita memikirkan suatu hal secara berlebihan samapai kita merasa galau.

Apakah kamu sering over analyst terhadap suatu hal? Atasi dengan 3 cara berikut!

(Baca juga: Sering Bad Mood? Waspada Sama 4 Hal Berikut ya Girls!)

Mengubah cara berpikir menjadi lebih positif adalah cara yang paling tepat buat mengurangi kebiasaan over-analisis kita, girlrs. Misalnya ketika sahabat enggak ngehubungi kita, jangan langsung berpikir kalau dia udah enggak mau temenan sama kita lagi. Lebih baik pikirkan kalau mungkin saja, si shabat lagi kehabisan paket internet, dan sebagainya. Dengan begitu pikiran kita jadi enggak gampang capek.

Melakukan aktivitas di luar rumah bikin kita enggak terlalu sering galau. Cuma tinggal di dalam kamar sambil buka laptop atau HP hanya akan membuat pikiran kita tersita dengan hal-hal yang belum tentu berhubungan atau bermanfaat untuk kita.

(Baca juga: Arti di Balik Kalimat ‘Kamu Terlalu Baik Buat Aku’ yang Sering Diucapkan Cowok)

Kalau kita dihadapkan dengan dua pilihan yang kita rasa membingungkan, maka pilih salah satu yang menurut kita membutuhkan prioritas yang lebih daripada pilihan lain. Misalnya ketika kita bingung harus berhenti dari ekskul dance, tapi sayang karena semua teman satu geng ikut ekskul itu. Sementara ekskul dance malah menyita waktu kita buat belajar sehingga nilai pelajaran kita pun turun.

Ditempatkan dalam pilihan yang sulit, lebih baik kita memilih untuk memperbaiki nilai dulu dan sementara berhenti ekskul dance.

(Baca juga: Ini Dia 4 Manfaat Dengerin Lagu Galau Saat Lagi Putus Cinta)