Yang Perlu Diketahui Dari Perubahan Labia ‘Si Bibir Vagina’. Apakah Normal?

By Indra Pramesti, Rabu, 7 Maret 2018 | 09:15 WIB
Labia kita ternyata bis aberubah! (Indra Pramesti)

Berbicara soal organ intim perempuan, pasti kita enggak bisa melewatkan labia, atau yang sering disebut bibir vagina. Sama seperti bagian vulva/vagina lainnya, labia memiliki karakteristik tersendiri, baik ukuran, tekstur, dan bentuknya.

Selain tiga hal tersebut, kita juga perlu tahu bahwa labia juga mengalami perubahan. Apakah hal tersebut normal? Berikut jawabannya.

(Baca juga: Waktu Tidur Harus Pakai Bra atau Enggak Sih? Ini Dia Jawabannya!)

Karena labia terbuat dari kulit, dan kulit manusia akan terus mengalami perubahan seiring dnegan bertambahnya usia. Bentuk, tekstur, dan ukuran labia pun akan berubah juga.

Dilansir dari Cosmopolitan.com, Dr. Barbara Levy, seorang wakil presiden kesehatan di American College of Obstetricians and Gynecologists menyebutkan bahwa selama labia kita enggak menyebabkan ketidaknyamanan, maka labia kita masih dalma kondisi yang normal.

Perubahan lain labia bisa diperoleh dengan melakukan operasi labia atau sering dikenal sebagai labiaplasty, yaitu suatu prosedur operasi untuk mengubah ukuran labia.

Biasanya, labiaplasty dilakukan untuk mereka yang merasa enggak nyaman dengan bentuk labia yang terlalu panjang.

Sekalipun bentuk dan ukurannya menjadi berubah, bisa dipastikan bahwa fungsinya tetap normal. Seperi ketika melakukan hubungan seksual, labia akan berfungsi seperti pada umumnya. Demikian dipaparkan oleh Dr. Levy.

(Baca juga: Cewek Wajib Tahu Arti Di Balik Warna Cairan Vagina)