8 Hal Yang Bikin Introvert Gelisah Sebelum dan Sesudah Melakukan Sesuatu

By Indra Pramesti, Senin, 26 Maret 2018 | 03:21 WIB
Kamu salah satunya? (Indra Pramesti)

Setiap introvert kerap memiliki perasaan gelisah dan pikiran yang macam-macam sebelum dia pergi ke suatu acara sosial. Bahkan terkadang mereka membutuhhkan waktu berjam-jam dalam kegelisahannya. Berikut ini adalah 8 hal yang sering banget bikin introvert gelisah soal bersosialisasi.

(Baca juga: Tipe Cowok yang Bisa Bikin Kita Patah Hati, Berdasarkan Zodiak Mereka)

Karena introvert lebih sering diam, sehingga kita kerap disangka gila hormat. Padahal sikap ini jauh banget dari kepribadian dia yang sesungguhnya. Tapi, tetap saja dia merasa khawatir orang lain bakal berpikir demikian.

Akhirnya, introvert juga jadi gelisah kalau mau bersosialisasi, apalagi kalau lagi enggak mood. Sekalipun memaksa buat lebih ramah, introvert tetap merasa khawatir orang lain bakal menganggapnya awkward dan enggak sopan.

Kadang, saat diundang teman ke sebuah acara, belum-belum introvert udah merasa males buat pergi ke acara itu. Tapi dia lebih khawatir lagi sama anggapan orang lain saat dia harus ngebatalin. Enggak hanya khawatir bakal nyakitin perasaan teman, tapi introvert juga takut bakal dicap jadi orang yang enggak bisa diandalkan.

Seorang introvert juga punya perasaan dan opini sendiri, tapi, ketika mau menjelaskannya ke banyak orang, introvert sering terhambat dengan kekhawatirannya sendiri. Yaitu, dia paling takut opininya terdengar aneh.

Nah, kalau udah kayak, gini, introvert bakal kepikiran terus sampai pulang ke rumah.

Bahkan sebelum sampai di acara, introvert bakal khawatir dia akan melakukan hal yang memalukan, seperti mengatakan hal yang salah atau jadi kagok sampai jatuh. Sampai balik ke rumah, introvert bakal terus-terusan memikirkan hal-hal kecil itu terus.