6 Agensi yang Melarang Seleb Kpop Ini Pacaran. Ada yang Sangat Lama!

By Kinanti Nuke Mahardini, Jumat, 2 Maret 2018 | 09:26 WIB
foto: allkpop.com (Kinanti Nuke Mahardini)

Sudah menjadi rahasia umum ya, girls kalau dalam industri musik kpop terdapat larangan berkencan atau dating ban bagi idol mereka. Dating ban tersebut biasanya berkisar antara 3 hingga 4 tahun sejak mereka debut.

Kira-kira agensi mana saja yang menerapkan dating ban tersebut, ya? Berikut agensi hiburan Korea yang menerapkan dating ban bagi idol mereka:

(Baca juga: 10 Seleb Cowok Indonesia dan Seleb Cowok Korea Ini Terlihat Mirip, Kayak Kembar Lho!)

Larangan untuk berkencan bagi idol mereka benar-benar disampaikan oleh CEO dari JYP Entertainment, Park Jin Young. Dilansir dari koreaboo.com, dating ban yang diterapkan oleh JYP awalnya 5 tahun. Namun, banyak idol yang tidak menepati dating ban tersebut dan mulai berkencan di tahun keempat.

Melihat hal tersebut, JYP akhirnya mengurangi dating ban menjadi tiga tahun. Bagi JYP, dating ban merupakan salah satu cara agar idol bisa fokus dalam latihan dan promosi mereka. Seorang artis karirnya juga akan stabil setelah 3 tahun.

Dilansir dari soompi.com, iKON sempat mengungkapkan bahwa mereka sebenarnya bingung dengan jangka waktu dating ban. Hal tersebut disebabkan karena CEO Yang Hyun Suk hanya menyebutkan mereka tidak boleh berkencan hingga mendapatkan karir yang mapan.

Karir yang mapan biasanya ditempuh dalam waktu 5 hingga 10 tahun. Namun, sebelum 2NE1 disband, mereka mengungkapkan bahwa dating ban akan berlaku 4 tahun sejak debut.

Masih dilansir dari sumber yang sama, Lee Hi juga mengugkapkan bahwa Yang Hyun Suk memiliki aturan yang ketat tentang dating ban.

Berbeda dengan dua agensi rivalnya, SM Entertainment memiliki dating ban yang cukup singkat. Dilansir dari onehallyu.com, SM Entertainment hanya melarang idol mereka untuk tidak berpacaran dua tahun setelah debut.

(Baca juga: 8 Film Hollywood yang Rilis Maret 2018 dan Wajib Kita Tonton. Seru Semua!)

Dilansir dari kpopmap.com, KyulKyung ‘PRISTIN’ mengatakan bahwa mereka memiliki dating ban selama 3 hingga 4 tahun. Meskipun begitu, beberapa netizen Korea percaya bahwa dating ban tersebut hanya berlaku untuk girl group namun tidak untuk boyband, seperti Seventeen.

CJ E&M Entertainment dan anak perusahaannya, MBK Entertainment, menerapkan dating ban bagi selebnya selama 3,5 hingga 5 tahun. Hal tersebut diungkapkan oleh Jung Chae Yeon ‘DIA’ melalui kpopmap.com.

TS Entertainment yang menaungi Untouchable, Secret, B.A.P, Sonamoo, dan TRCNG ini juga menerapkan dating ban bagi seleb mereka. TS Entertainment hanya menerapkan 3 tahun untuk dating ban tersebut.

Namun, Jun HyoSung ‘SECRET’ mengungkapkan tidak jarang junior yang berusaha berkencan melalui SNS.

(Baca juga: 8 Potret Mengharukan Anjing Sebelum dan Setelah Diadopsi. Menyentuh Hati!)