Barbie Juga Rayakan International Women’s Day dengan Merilis Boneka Perempuan-perempuan Keren dan Menginspirasi

By Indra Pramesti, Kamis, 8 Maret 2018 | 12:45 WIB
Mana favorit kamu? (Indra Pramesti)

Barbie dulunya dikenal dengan boneka perempuan berambut pirang panjang, berkulit putih dengan tubuh yang tinggi dan langsing. Proyeksi perempuan yang ditunjukkan oleh Barbie ternyata mengundang banyak kritikan dari berbagai pihak yang menyatakan bahwa Barbie enggak mewakili semua perempuan yang memiliki penampilan beragam.

Akhirnya, Barbie pun mulai berbenah ssedikit demi sedikit dengan meproduksi boneka dengan beragam warna kulit, model rambut dan bentuk tubuh. Dan kali ini, untuk merayakan International Women’s Day 2018, Barbie juga merilis boneka-boneka yag terinspirasi dari perempuan-perempuan yang menginspirasi. How cool!

Koleksi boneka Barbie yang pertama dinakamakan ‘Shero Collection’. Di koleksi ini, kita akan mengenal beragam pahlawan masa kini yang dekat dengan kita. Di antaranya seperti Ashley Graham, salah satu model big size yang mengajak kita pede dengan bentuk tubuh kita; Chloe Kim, perempuan termuda yang memenangkan medali emas snowboarding di Winter Games 2018; Bindi Irwin, konservasionis asal Australia; Patty Jenkins, sutradara film Wonder Woman dan perempuan pertama yang meng-handle pembuatan film dengan biaya lebih dari 100 juta dollar, serta perempuan-perempuan inspirastif lainnya dari berbagai bidang kerja dan negara.

Seri keduanya dinamakan Inspiring Women. Khusus untuk koleksi ini, Barbie rencananya hanya akan merilis 3 tokoh pertama di awal, kemudian secara bertahap akan merilis boneka-boneka lain yang terinspirasi dari perempuan inspirastif.

Tiga perempuan yang masuk di koleksi ini di antaranya Amelia Earhart, pilot perempuan pertama yang terbang menyeberangi Samudra Atlantis; pelukis dan aktivis, Frida Kahlo, yang dikenal dengan gayanya yang unik, serta sering dikaitkan dengan simbol kekuatan; dan Katherina Johnson, ahli Matematika yang menembus batas ras dan gender untuk bisa bekerja di NASA dan berhasil mensukseskan penerbangan ke bulan dalam misi NASA Apollo 11.

Keren-keren banget ya, girls? Nah, dari semuanya, mana favorit kamu? (health.com)

(Baca juga: 5 Hak Perempuan yang Masih Sering Terabaikan & Terenggut Begitu Saja)