Akhirnya Terjawab! Pertanyaan Soal Benjolan yang Muncul di Leher

By Indra Pramesti, Jumat, 9 Maret 2018 | 09:00 WIB
Wajib tahu! (Indra Pramesti)

Saat tiba-tiba muncul benjolan di salah satu bagian tubuh, pasti enggak sedikit dari kita yang mengira kalau benjolan tersebut adalah salah satu gejala kanker.

Meski muncul dengan cara yang tiba-tiba, benjolan tersebut belum tentu bisa dipastikan adalah gejala kanker, lho, girls. Salah satunya adalah benjolan yang muncul di area leher kita.

Biar enggak salah, yuk kenali arti benjolan yang muncul di leher.

(Baca juga: Wajib Tahu Penyebab Vagina Gatal Setelah Menstruasi!)

Bukan kanker, tapi benjolan yang muncul di leher kemungkinan adalah kista sebaceous. Kista ini umumnya terjadi pada kita yang berumur 20-30 tahun. Pemicunya adalah ketika kelenjar minya tersumbat sehingga lemak menumpuk. Akhirnya, muncul lah benjolan yang memiliki besar sekitar 1 samapi 10 cm pada bagian leher.

Dokter bisa menghilangkan benjolan tersbeut dengan menggunakan anestetik local yang umumnya dilakukan kalau benjolannya cukup besar dan cenderung menimbulkan infeksi.

(Baca juga: 8 Mitos Berbahaya Soal Eating Disorder yang Enggak Perlu Kita Percaya)

Kista sebaceous dipastikan enggak bisa berpotensi kanker. Tapi kalau benjolan tersebut berukuran kecil kemerahan atau berwarna pink dan berdarah atau teksturnya enggak rata, maka kita perlu segera memeriksakan diri ke dokter ahli.

(Baca juga: Alasan Munculnya Benjolan Pada Payudara. Bukan Cuma Karena Kanker!)