12 Seleb Korea yang Secara Terbuka Mendukung '#MeToo Movement.' Inspiratif!

By Kinanti Nuke Mahardini, Jumat, 9 Maret 2018 | 09:20 WIB
(Kinanti Nuke Mahardini)

#MeToo movement merupakan hashtag yang mulai viral di Oktober 2017. Tanda pagar ini digunakan oleh korban pelecehan seksual di seluruh dunia yang menunjukan bahwa korban tersebut tidak sendirian. Tujuannya, agar tecipta solidaritas sesama korban dan jika ada korban berikutnya, mereka berani speak up.

Tidak terkecuali dengan seleb Korea. Dengan berani mereka mendukung #MeToo movement. Berikut 12 seleb Korea yang mendukung #MeToo movement:

(Baca juga: 5 Fakta Unik Tentang Lee Dong Wook yang Bikin Kita Makin Jatuh Cinta)

Member f(x) ini bisa dibilang seleb Kpop pertama yang mendukung gerakan ini. Pada bulan Oktober lalu, Amber mengunggah sekelumit pengalamannya tentang pelecehan seksual yang pernah dialami dan mendukung gerakan tersebut hingga kini.

Nama Kim Tae Ri mungkin terdengar baru, namun dirinya benar-benar menunjukan dukungan pada #MeToo movement. Hal tersebut dibuktikan dengan Tae Ri yang sengaja pergi ke JTBC Newsroom untuk menyuarakan gerakan ini. Bagi Tae Ri, korban yang berani berbicara tentang apa yang dialaminya, berarti ia turut mencegah jatuhnya korban lain.

Mantan member After School yang sedang terlibat dalam drama My Husband Oh Jak-doo juga menyuarakan #MeToo movement pada konferensi pers drama tersebut. Menurut UEE “Aku sangat sedih mendengar banyak perempuan yang menjadi korban pelecehan seksual. Sebagai perempuan aku mendukung gerakan #MeToo.”

Aktor veteran yang kini sudah berusia 82 tahun ini mantap mendukung gerakan #MeToo. Dalam beberapa wawancaranya, dengan mengikuti gerakan ini kita bisa memperlakukan manusia dengan baik dan benar. Dan juga, melalui gerakan ini kita bisa bercermin apakah kita sudah benar ketika menjadi bagian dari masyarakat.

Ketika menghadiri konferensi pers untuk drama terbaru Kim Nam Joo yang berjudul Misty, ia sengaja menggunakan pakaian hitam dan mendukung gerakan tersebut. Nam Joo juga mengungkapkan bahwa, “Saya berharap kita bisa mendengarkan korban yang telah berani mengungkapkan apa yang telah dialaminya (pelecehan seksual yang telah dialaminya). Saya juga berharap industri hiburan Korea bersih dari kasus pelecehan seksual yang memalukan ini.”

Lee Joo Young yang namanya semakin melambung ketika bermain dalam drama Weightlifting Fairy Kim Bok Joo melalui instagram dirinya menyebutkan teman dan keluarganya pernah menjadi adalah korban. Meskipun ia tahu orang terdekatnya korban, namun ia hanya bisa diam.

Sebagai gantinya, ia ingin mengikuti #MeToo movement untuk menjaga orang yang disayanginya.

(Baca juga: 9 Persahabatan Seleb Kpop Cewek dan Cowok yang Dijamin Bikin Iri. #FriendshipGoals Banget!)

Pemeran Yoojung di Reply 1997 ini menyebutkan bahwa tidak sedikit seleb yang menjadi korban pelecehan seksual di dunia hiburan kpop. Oleh karena itu, Shin So Yul mengungkap bahwa “Berapa banyak perempuan (korban) yang masih belum diketahui publik? Kami bersama kalian.”

Sudah 17 tahun Kim Ji Woo berada di industri hiburan Korea. Sudah banyak pengalaman yang ia dapatkan, termasuk ketika melihat beberapa rekannya menjadi korban.

Oleh karena itu, Ji Woo mengirimkan pesan dukungan yang mengungkapkan bahwa, “Aku seorang ibu dari anak perempuan. Aku tidak ingin anakku mendapat perlakukan tidak pantas sehingga aku memutuskan ikut gerakan ini. Orang seharusnya dicintai sebagai ibu, anak perempuan, saudara perempuan, dan keluarga (bukannya menjadi korban pelecehan seksual).”

Salah satu aktris terbaik di 2017, Choi Hee Seo mengungkapkan bahwa dirinya ingin menjadi bagian dari gerakan ini. Bagi Choi Hee Seo, “Saya memang tidak bisa mengubah dunia hanya dengan surat yang tertulis di telapak tangan saya. Namun, gelombang kecil yang kuat akan membawa petisi untuk National Blue House. Saya ingin menjadi bagian gerakan ini.”

Untuk menunjukan dukungannya pada #MeToo movement ini, ia menegaskan pada sebuah acara di SBS bahwa, “Saya percaya korban yang mengekspos pelecehan yang ia dapatkan adalah seorang yang sangat luar biasa dan patut dihormati. Membuka luka di masa lalu bukan hal yang mudah, namun ini adalah pengorbanan.”

Melalui instagram pribadi miliknya, Kim Ok Bin beberapa kali mengunggah tentang #MeToo. Kim Ok Bin mengatakan bahwa “Saya mendukungmu untuk gerakan ini. Saya harap gerakan ini juga akan mengarah pada rencana pencegahan (pelecehan seksual) dibanding hukuman.”

Penyanyi veteran Park Hye Kyung belum lama ini menuliskan tentang gerakan #MeToo di blog pribadinya. Ia menyebutkan bagaimana korban menghadapi pelecehan seksual yang diterimanya sendirian. Hal tersebut pasti sangat mengerikan. Oleh karena itu, Park Hye Kyung memutuskan mengikuti gerakan ini.

(Baca juga: Selain Suga ‘BTS’, Ini 10 Seleb Kpop yang Juga Membuat Lagu untuk Seleb Lain)