Ini Alasan Kita Enggak Bisa Memakai Stiker GIF di Instagram Atau Snapchat

By Debora Gracia, Senin, 12 Maret 2018 | 12:20 WIB
Karena ada stiker dengan unsur rasisme! (Debora Gracia)

Beberapa waktu lalu, Instagram dan juga Snapchat mengeluarkan fitur stiker GIF untuk mempermanis tampilan postingan kita. Kalau di Instagram, stiker GIF ini bisa dipakai dalam Instagram Stories. Tapi kalau kita perhatikan, saat ini stiker GIF tidak dapat dipakai lagi di Instagram atau Snapchat.

Bukan tanpa alasan, ternyata Giphy, produsen stiker GIF terbesar di dunia, memang menarik kembali GIF di Instagram dan Snapchat karena kaitannya dengan isu rasisme. Ini penjelasannya!

Semua bermula dari tweet Lyauna Augmon, yang memberitahukan ada stiker GIF di Instagram mengandung unsur rasisme saat mengetik kata 'crime'. GIF tersebut dianggap menghina orang dengan warna kulit dan ras tertentu. Giphy segera menghapus GIF tersebut dari Instagram. Dilansir dari TechCrunch, saat ini GIF ditarik sementara dari Instagram dan sedang dilakukan verifikasi ulang agar tidak terjadi kejadian yang serupa.

Snapchat sendiri yang baru bergabung dengan Giphy dari akhir Februari lalu akhirnya juga menarik stiker GIF pada fitur medsosnya. Pihak dari Snapchat awalnya meminta maaf denagn kejadian tersebut dan akan lebih objektif dalam menyajikan konten.

Jadi, jangan bingung kenapa kita saat ini enggak bisa memakai stiker GIF, ya!