Apakah Normal Kalau Kita Memiliki Labia Berukuran Besar? Ini Dia Jawabannya

By Indra Pramesti, Kamis, 15 Maret 2018 | 06:05 WIB
Ini dia jawabannya! (Indra Pramesti)

Labia alias si bibir vagina merupakan salah satu bagian pada organ intim perempuan. Umumnya labia dibagi menjadi dua, yakni labia majora dan labia minora. Ukurannya pun berbeda antara satu perempuan dengan perempuan lainnya.

Lalu apakah normal jika kita memiliki ukuran labia yang lebih besar? Berikut jawabannya.

(Baca juga: Kenali 5 Penyebab Klitoris Terasa Gatal. Hati-Hati, Girls!)

Labia memiliki dua bagian, yaitu labia majora (bibir luar) Dan labia minora (bibir dalam). Menurut studi di tahun 2005 Yang diterbitkan di BJOG: An International Journal of Obstetrics and Gynecology, ditemukan fakta bahwa flaccid labia majora pada mayoritas perempuan berukuran panjang 7-12 cm, sementara labia minora 2-10 cm.

Berdasarkan penelitian di tahun 2004, ternyata ditemukan fakta bahwa setidaknya setengah dari jumlah perempuan di dunia memiliki ukuran labia minora yang lebih panjang dibandingkan dengan labia majora. Secara enggak langsung, hal ini memperkuat fakta kalau tiap perempuan memiliki bentuk labia yang berbeda-beda.

Meski begitu, jika kita memiliki ukuran panjang labia yang melebihi ukuran pada umumnya, ternyata enggak lantas diartikan kita memiliki labia yang enggak normal, lho girls. Demikian dipaparkan oleh Dr. John G. Hunter, professor ahli bedah klinis di Weill Cornell Medicine, New York City.

(Baca juga: 6 Mitos Tentang Klitoris yang Enggak Seharusnya Kita Percaya)

Labiaplasti adalah sebuah prosedur operasi bedah yang bertujuan untuk mengecilkan atau memperpendek ukuran labia. Biasanya, prosedur ini dilakukan oleh perempuan yang merasa enggak nyaman dengan bentuk labianya.

Pada akhirnya, pilihan kembali kepada kita. Jika kita merasa enggak nyaman dengan bentuk labia sampai menganggu aktivitas, maka enggak ada salahnya kalau kita mencoba melakukan prosedur labiaplasti, dan tentunya pastikan dilakukan oleh dokter bedah professional.

Tapi enggak masalah juga membiarkan labia kita begitu adanya, karena seperti yang dikatakan oleh dr. Hunter, meskipun panjang atau besarnya melebihi ukuran pada umumnya, labia kita tetap normal. (Cosmopolitan.com)

(Baca juga: Kedalaman Vagina dan 8 Pertanyaan Seputar Vagina Lainnya Akhirnya Terjawab!)