Punya Lubang Kecil di Atas Telinga? Ini 3 Info Penjelasannya!

By Debora Gracia, Rabu, 14 Maret 2018 | 08:13 WIB
Kalau kita mempunyainya, jangan khawatir! (Debora Gracia)

Lubang kecil di atas telinga yang nyaris enggak kelihatan, pernahkah kita memerhatikan hal tersebut? Kalau kita mempunyainya, enggak perlu khawatir dan jangan menganggap kalau tubuh kita enggak normal karena sebenarnya hal itu ada penjelasannya.

Penasaran? Yuk, disimak!

Lubang kecil yang ada di atas telinga itu disebut preauricular sinus. Orang yang terlahir dengan keadaan ini populasinya memang sedikit. Di Inggris manusia dengan lubang kecil di atas daun telinga jumlahnya kurang dari satu persen populasi.

Sementara itu, di Amerika Serikat, jumlah populasinya justru lebih rendah lagi. Di Asia dan sebagian Afrika, diperkirakan ditemukan 4-10 persen manusia yang dilahirkan dengan preauricular sinus.

Preauricular sinus dianggap semacam lesung pipi yang terpapar di sekitar telinga luar, khususnya di titik pertemuan antara wajah dan tulang rawan telinga. Preauricular sinus adalah tanda kelahiran turun temurun yang pertama kali didokumentasikan oleh seorang ilmuwan bernama Van Heusinger pada tahun 1864.

Titik tersebut biasanya ditemukan pada salah satu sisi telinga saja, tapi nyaris 50 persen pemilik preauricular sinus memiliki titik di kedua ujung telinganya.

(Baca juga: Bentuk Telinga Ternyata Bisa Ungkapkan Kepribadian Kita. Ini Penjelasannya!)

Buat kita yang memiliki lubang kecil di atas telinga ini enggak perlu khawatir, sebab ini bukan indikasi sebuah masalah kesehatan. Kalau pun ingin mencegah terjadi masalah yaitu dengan menjaganya agar tidak terkena infeksi pada bagian tersebut. Selebihnya, kondisi ini anggap sebagai tindik natural.

Kompas.com/Glori K. Wadrianto

Artikel ini tayang pertama kali dengan judul, "Punya Lubang Kecil di Atas Daun Telinga? Simak Penjelasan Ini"