4 Pelajaran yang Enggak Disangka Harus Dijalani Para Trainee Sebelum Menjadi Idol Kpop. Sudah Tahu?

By Kinanti Nuke Mahardini, Rabu, 14 Maret 2018 | 10:15 WIB
foto: onehallyu.com (Kinanti Nuke Mahardini)

Menjadi idol kpop memang tidak akan mudah. Banyak hal yang harus dipelajari agar menjadi seorang idol kpop yang mumpuni. Selain belajar dance, akting, dan menyanyi, ternyata terdapat beberapa studi lain yang harus tetap dipelajari.

Berikut 4 pelajaran yang enggak disangka harus dijalani para trainee sebelum debut menjadi idol kpop:

(Baca juga: 8 Idol Kpop Berbakat yang Justru Underrated (Enggak Terkenal) di Publik Bahkan Dalam Agensi Sendiri)

Pendidikan seksual menjadi salah satu pendidikan yang diterima oleh trainee khususnya JYP Entertainment. Sebelum debut dengan GOT7, JB mengungkapkan bahwa agensinya memberi pendidikan tentang pendidian seks, kekerasan seksual yang mungkin terjadi.

Hal ini sebagai bentuk agar ketika idol kpop debut, mereka tidak akan melakukan kesalahan kaitannya dengan seks seperti pelecehan seksual karena sudah ada pendidikannya.

Dilansir dari soompi.com, Park Jin Young akan selalu membuka kelas mental care. Bagi Park Jin Young, mental care menjadi hal yang penting karena saran dan kritik yang membangun akan membuat idol kpop semakin baik dalam menghadapi berbagai situasi dan kondisi.

(Baca juga: 5 Seleb Korea Marga 'Jo' dengan Skandal Luar Biasa yang Dianggap Membuat Malu Keluarga Besar Marga Tersebut)

Studi ini dikhususkan bagi mereka yang menempati posisi rapper. Dilansir dari nytimes.com, calon rapper biasanya akan menghabiskan seharian hanya untuk menciptakan kalimat rap yang bagus. Sebelum kalimat tersebut tuntas, trainee rapper tidak akan berkutik dari lirik dan nada yang sama.

Bagi guru studi ini, belajar satu kalimat rap yang sama ternyata bertujuan untuk melihat kesabaran dan melatih improvisasi rap yang lebih dalam.

Bagi trainee yang berasal dari luar Korea, selain mempelajari bahasa Korea, mereka juga harus mempelajari budayanya, Bagaimana idol rookie harus menghormati sunbae mereka yang lebih dahulu debut.

Untuk idol asli Korea, mereka akan biasanya akan diberi mata pelajaran bahasa lain, seperti Hyoyeon ‘Girl’s Generation’ yang disekolahkan oleh SM Entertainment agar belajar bahasa Cina di negara asalnya.

(Baca juga: 10 Seleb Cewek Indonesia yang Dibilang Kembar Sama Seleb Cewek Korea, Kamu Setuju?)