6 Cara Supaya Kita Enggak Terpengaruh dengan Mood Jelek Orang Lain

By Indra Pramesti, Senin, 19 Maret 2018 | 12:40 WIB
Duh, jangan sampai ikut-ikutan bad mood juga! (Indra Pramesti)

Saat ada teman yang lagi bad mood, kita pasti bawaannya pengin bad mood juga. Segitu gampangnya, mood kita dipengaruhi oleh mood orang lain, akhirnya menyebabkan kita jadi enggak bersemangat buat melakukan aktivitas sehari-hari. Duh, males banget, kan?

Nah, supaya kita enggak ikut-ikutan bad mood, ini dia 6 cara supaya kita enggak terpengaruh dengan mood jelek orang lain.

(Baca juga: Karakteristik Ekstrovert Saat Berteman Menurut 16 Kepribadian (MBTI). Seperti Apa Karakter Kamu?)

Supaya paham gimana mood seseorang bisa memengaruhi kita, pertama kita perlu memahami bagaimana kita mengendalikan perasaan kita sendiri. Misalnya ketika kita terpengaruh sama mood orang lain, cara untuk mneghentikannya adalah dengan memahami apa yang kita rasakan, sehingga kita menjadi lebih gampang mengendalikannya.

Saat kita merasa mulai dipengaruhi sama orang lain, berikan waktu sejenak buat diri kita sendiri dulu. Caranya adalah dengan berhenti dan tarik napas dalam-dalam, kemudian keluarkan. Cara ini berguna untuk meningkatkan kesadaran kita soal apa mood yang kita rasakan.

Seseorang yang mengalami bad mood pasti punya penyebabnya. Mungkin mereka sedang menghadapi masalah yang enggak kita ketahui. Meski begitu, kita juga pelru mnegingatkan diri sendiri kalau masalah mereka, bukan masalah kita, sehingga kita enggak perlu ikut-ikutan merasakan kesusahan.

(Baca juga: 8 Hal yang Dilakukan Oleh Cewek Kuat dan Menarik, Meski Sulit Sekalipun!)

Seperti efek domina, ketika kita terpengaruh oleh mood jelek orange lain, kita juga berpotensi memengaruhi orang lain untuk merasakan emosi yang sama. Nah, daripada berlanjut makin banyak lagi, yuk, kita hentikan perasaan jelek terbut mulai dari kita sendiri.