Melatih Eye Contact Dengan Orang Lain Biar Makin Pede. Wajib Dicoba!

By Indra Pramesti, Senin, 26 Maret 2018 | 04:00 WIB
Yuk, latihan melakukan eye contact, biar makin pede! (Indra Pramesti)

Berbicara dengan orang lain pasti bakal lebih telrihat sopan kalau kita memandangnya. Tapi sebagian dari kita merasa ragu dan malu ketika melakukan eye contact.

Sebenarnya, seberapa penting, sih, melakukan eye contact dan bagaimana seharusnya kita melatihnya? Yuk, simak artikel berikut!

(Baca juga: 6 Alasan Kalau Putus Sama Pacar Adalah Pilihan Terbaik)

Beberapa penelitian menyebutkan kekuatan kontak mata yang bisa memengaruhi beberapa hal;

1. Dalam jurnal yang berjudul Consciousness and Cognition, menyebutkan bahwa eye contact bisa menunjukkan sikap positif. Artinya, kita jadi terlihat lebih baik hati dan ramah kepada seseorang karena adanya kontak mata yang tepat.

2. Kemudian dalam studi berjudul Attributions of Self-Esteem As A Function of Duration of Eye Contact, memaparkan kita juga bisa lebih memahami seseorang dengan saling melakukan kontak mata.

3. Bahkan foto-foto iklan produk yang memperlihatkan foto model sedang melakukan eye contact, seakan-akan menatap kita, bisa memanipulasi pikiran kita untuk memilih  produk tersebut. Hal ini dibuktikan lewat studi berjudul Eyes in the Aisles: Why Is Cap’n Crunch Lookig Down at My Child?.

4. Sementara itu, studi dari Aberdeen University membuktikan bahwa kita akan cenderung lebih gampang tertarik sama orang lain ketika tersenyum sambil melakukan eye contact.

Dari keempat penelitian tersebut, bisa diambil kesimpulan kalau eye contact punya pengaruh yang kuat kepada pikiran kita. Kerennya lagi, ternyata eye contact bisa kita pelajari, lho.

Saat berbicara dengan seseorang, kita memang enggak bisa seterusnya memandang mata orang tersebut tanpa henti. Memang kita enggak perlu terus-terusan menatap tepat di matanya.