5 Momen Bersejarah yang Melambungkan Industri Hiburan Korea di Dunia Internasional. Kamu Setuju?

By Kinanti Nuke Mahardini, Jumat, 23 Maret 2018 | 11:25 WIB
(Kinanti Nuke Mahardini)

Musik, film, variety show hingga reality show Korea menjadi salah satu penguasa di dunia. Hampir semua orang mencintai hiburan yang disediakan oleh industri kpop. Nama industri musik kpop yang semakin melambung dipengaruhi oleh beberapa momen bersejarah. Berikut 5 momen bersejarah hiburan Korea yang melambungkan nama kpop:

(Baca juga: 10 Masalah Paling Mengharukan di Program TV Hello Councelor, Bikin Sedih!)

Hourglass merupakan drama yang tayang di tahun 1995. Drama ini disebut sebagai drama pembuka bagi kisah k-drama yang penuh dengan intrik. Drama yang memiliki nama lain Sandglass ini dibintangi oleh bintang top saat itu seperti Choi Min Soo dan Ko Hyun Jung.

Setelah Hourglass, ada kisah cinta tragis dari drama Winter Sonata yang disiarkan tahun 2002. Bukan hanya ditayangkan di Korea, namun juga di Jepang, Cina, Hingkong, bahkan Indonesia. Departemen pariwisata bahkan memberikan pujian pada drama ini karena acara TV Korea lain meningkat begitu juga kedatangan turis ke negara tersebut.

Meskipun bukan dari agensi besar, namun BTS merupakan salah satu grup yang paling berjaya di dunia musik kpop. Lebih dari 13,6 juta orang mengikuti akun grup ini. Sebanyak 25 penghargaan telah disabet grup ini sejak mereka debut di 2014. BTS juga pernah memenangkan Billboard Music Awards.

(Baca juga: Lucunya 15 Seleb Kpop Ketika Membintangi Iklan Minuman Komersial. Bikin Pengin Beli!)

Variety show sebelum Running Man ini menjadi ikon budaya Korea. Sama seperti k-drama, variety show ini berhasil menarik minat orang diluar Korea untuk menikmati hiburan berupa variety dan reality show.

Gangnam Style yang dipopulerkan oleh PSY menjadi musik kpop yang paling berhasil membanggakan karena mendulang nama musik kpop. Tarian dan lagu yang addicted membuat lagu ini cepat viral. Hingga saat ini, MV Gangnam Style sudah ditonton sebanyak 3,1 milyar kali.

(Baca juga: Sangat Sedikit Seleb dari Gunpo, Ini 4 Seleb Korea dengan Visual Memukau yang Berasal dari Sana)