Tidak Merekam Film Untuk Insta Story & 4 Hal Simple Lain yang Seharusnya Dijalankan di Indonesia

By Andien Rahajeng, Rabu, 28 Maret 2018 | 05:45 WIB
. (Andien Rahajeng)

Fasilitas umum di Indonesia beberapa tahun terakhir ini semakin memadai dan canggih. Sayangnya masih banyak orang-orang yang belum bisa menjaga kebersihan dan kondisi dari fasilitas umum ini.

Selain itu etika-etika dalam memakai fasilitas umum juga masih kurang diperhatikan. Padahal kalau kita bisa beretika dengan baik, kita bisa lebih nyaman dan tentunya membuat pengguna lain juga merasakan hal yang sama.

Berikut 5 hal simple yang seharusnya dijalankan di Indonesia.

(Baca juga: 5 Skandal yang Dialami Seleb Korea Ini Sebenarnya Sepele, Tapi Menghambat Karir Mereka

Sebenarnya aturan ini udah ditulis lho di berbagai kendaraan umum dan lift. Bahkan petugas Transjakarta juga udah sering kan mengingatkan untuk mendahulukan yang keluar.

Dengan mendahulukan orang yang keluar justru membuat kita lebih mudah saat masuk ke fasilitas umum tersebut, girls. Daripada berdesakkan dan membahayakan diri sendiri, mendingan bersabar sedikit, ya.

Saat mengantre di toilet umum, sebaiknya kita cukup berdiri dalam satu garis aja. Ini akan lebih adil dibandingkan dengan berdiri langsung di depan pintu toilet. Lebih tertib tentunya juga lebih nyaman. Bete kan kalau diserobot orang padahal udah antre duluan?

(Baca juga: 5 Kebiasaan Sepele yang Bikin Kulit Kita Kasar)

Di berbagai negara lain seperti Jepang, Singapura, Australia, dan Inggris aturan ini sudah berlaku sejak eskalator pertama dibuat. Aturan ini juga termasuk ketat dan dipatuhi masyarakat.

Sebagian besar orang menggunakan eskalator bukan hanya untuk menghemat tenaga, tapi juga untuk menghemat waktu, girls. Dengan berdiri di sebelah kiri saja, orang-orang yang sedang buru-buru bisa bebas jalan di sebelah kanan tanpa terhalang orang yang sedang berdiri santai.

Jangan sampai kita berdiri berjejer berdua dan menghalangi ruang di eskalator ya, girls!

Mungkin kita pernah makan snack dalam kemasan plastik saat menunggu di halte bus atau pakai tissue saat naik Commuter Line. Kalau enggak melihat ada tempat sampah di dekat kita, lebih baik simpan dulu sampah kita di tas atau di kantong baju.

Lalu buang ke tempat sampah yang seharusnya kalau sudah ketemu. Biasakan jaga kebersihan di fasilitas umum, girls!

Hayo ngaku, siapa yang pernah ambil gambar saat nonton film di bioskop dan diunggah ke Insta Story? Mungkin kita pengin terlihat paling up to date udah nonton film itu duluan, tapi lebih baik hal ini jangan dilakukan lagi, girls!

Selain cahaya dari hp kita bisa mengganggu penonton lain, sekarang merekam dan menyebarkan cuplikan film di bioskop juga bisa dikenakan hukuman karena termasuk pembajakan. Pelaku akan dikenakan