5 Alergi yang Jarang Diketahui Orang Tapi Memang Beneran Ada. Ada Alergi Nasi!

By Debora Gracia, Selasa, 3 April 2018 | 11:41 WIB
Kedengarannya aneh, tapi beneran ada! (Debora Gracia)

Alergi adalah reaksi dari sistem kekebalan tubuh yang enggak biasa terhadap zat tertentu. Ada berbagai jenis alergi yang dialami oleh seseorang, mulai dari alergi makanan, cuaca, atau debu. Selain alergi tersebut, ternyata ada juga beberapa jenis alergi yang jarang diketahui oleh orang tapi beneran ada.

Apa saja? Yuk, kita simak!

Alergi pada daging sapi terjadi karena komponen gula tertentu yang ada pada daging. Alergi ini disebut alpha-galactose. Gejala yang akan muncul pada alergi daging ini adalah bersin-bersin, hidung berair, kemerahan pada kulit, mual, dan muncul gejala asma.

Alergi ini disebabkan tekanan pada kulit yang dapat menimbulkan ruam kemerahan dan gatal kalau bersentuhan. Selain itu, memakai pakaian yang terlalu ketat atau menggunakan handuk setelah mandi juga dapat menyebabkan gejala alergi ini muncul.

Air merupakan salah satu kebutuhan utama bagi kehidupan kita. Tapi, ada beberapa orang yang mengalami alergi air. Alergi air ini dikenal sebagai aquagenic urticaria. Kalau ada orang yang mengalami alergi ini terkena air, tubuhnya akan gatal-gatal, bentol, dan kulitnya memerah. 

Alergi sinar matahari disebut juga solar urticaria. Gejala dari orang yang memiliki alergi sinar matahari adalah ruam kemerahan, gatal-gatal, dan kulitnya terasa tersengat. Alergi ini akan timbul setelah 30 menit terpapar sinar matahari dan akan hilang setelah enggak terkena sinar matahari.

Meski kedengarannya aneh, tapi alergi dengan nasi itu benar-benar ada. Orang yang alergi terhadap nasi bisa mengalami masalah pencernaan.

HAI/Alvin Bahar

Artikel ini pernah tayang dengan judul, " 5 Alergi yang Sulit Dipercaya Tapi Memang Ada, Salah Satunya Alergi Air!"