7 Seleb Korea yang Mendukung LGBT dan Pelajaran Hidup yang Bisa Diambil!

By Kinanti Nuke Mahardini, Selasa, 3 April 2018 | 10:55 WIB
Taeyeon 'SNSD' (Kinanti Nuke Mahardini)

LGBT yang merupakan akronim dari ‘lesbian, gay, biseksual, dan transgender’. Istilah ini digunakan semenjak tahun 90an untuk menggantikan frasa “komunitas gay.” Terlepas dari berbagai faktor lain seperti agama, masih banyak negara yang menolak hal ini. Mulai dari budaya yang tidak cocok dan berbagai hal lainnya.

Salah satu negara yang belum familiar dengan LGBT adalah Korea Selatan. Meskipun begitu, ternyata terdapat beberapa seleb Korea yang mendukung LGBT. Berikut 7 seleb Korea yang mendukung LGBT dan pelajaran hidup yang bisa diambil:

(Baca juga: 5 Drama Korea Populer yang Tahun Ini Berusia 10 Tahun! Ada Favoritmu?)

Sekitar tahun 2013 terdapat pernikahan sesama jenis yang menghebohkan Korea Selatan. Kim Jho Kwangsoo menikah dengan Kim Seung Hwan. Ketika Heechul ditanya pendapatnya tentang masalah ini, ia hanya menjawab “Aku punya teman yang dekat dengan Seong Hwan. Pernikahan mereka adalah cinta di antara dua orang. Oleh karena itu, jika ada salah satu dari kita yang seperti Seunghwan, cukup katakan saja. Jangan peduli dengan apa kata orang.”

Taeyeon 'SNSD'

Dilansir dari allkpop.com, Chaeyoung menunggah bahwa dirinya sudah menonton film ‘Carol’ yang menceritakan hubungan kasih sayang antara dua orang perempuan. Bagi Chaeyoung cinta adalah cinta sehingga ia tidak mempermasalahkan kepada siapa seseorang jatuh cinta.

Seperti yang kita ketahui, CL merupakan salah satu teman dekat designer yang secara terang-terangan mengatakan dirinya gay, Jeremy Scott. Bagi CL: “Aku menyukai mereka dan tidak sedikit temanku yang gay.”

Member BTS yang satu ini pernah merekomendasikan sebuah lagu berjudul Same Love. Dalam tweet tersebut RM bahkan mengungkapkan bahwa “Halo, aku RM. Lagu ini tentang homoseksual. Aku dengar lagu ini namun tidak tahu liriknya, sekarang aku tahu dan lirik tersebut sangat bagus. Aku juga menyukai lagu ini. Aku merekomendasikan Macklemore & Ryan Lewis – Same Love.”

Taeyeon 'SNSD'

(Baca juga: Curhat Fangirl yang Bisa Nabung Buat Kredit Rumah Untuk Orang Tuanya. Keren!)

Saat National Coming Out Day di Korea tanggal 11 Oktober tahun 2016, Taeyeon mengunggah foto pelangi dan emotikon unicorn. Seperti yang kita ketahui, LGBT dilambangkan dengan pelangi. Unggahan Taeyeon membuat fans mengira bahwa ia merupakan salah satu idol yang mendukung LGBT.

April 2017, Vernon pernah mengungkapkan bahwa dirinya sudah menonton film ‘Moonlight’, sebuah film tentang LGBT. Menurut Vernon, cinta adalah cinta.

Setelah black face skandal yang menerpa Mamamoo, mereka meminta maaf. Dalam permintaan maaf tersebut Mamamoo juga mengungkapkan bahwa “Kami mencintai dan peduli pada setiap orang di ras, referensi seksual, agama, dan gender yang berbeda.”

LGBT bukan sebuah penyakit yang harus kita jauhi dan hindari, girls. Mereka adalah teman bagi kita. Kita tidak perlu membenci bahkan menghujat mereka karena hal tersebut akan membuat mereka sakit hati dan tidak ada manfaat yang akan kita dapat.

Cinta adalah cinta. Setiap orang tidak bisa memilih dengan siapa ia jatuh cinta. Oleh karena itu, akan lebih baik kita menghargai keputusan mereka. Tidak perlu mendukung jika kita tidak mau atau bertentangan dengan mereka. Cukup tidak mengusik ketenangan dan hati mereka. Intinya, saling menghargai akan membuat dunia lebih baik.

(Baca juga: 5 Seleb Korea yang Punya Nama Sama Kayak Seleb Senior, Kamu Menyadarinya?)