Berapa Banyak Air yang Seharusnya Diminum dalam Sehari? Ini Penjelasan Lengkapnya

By Andien Rahajeng, Jumat, 6 April 2018 | 12:00 WIB
(Andien Rahajeng)

Girls, tahu enggak kalau 60% dari berat badan kita terdiri dari air? Air membantu mengalirkan nutrisi ke seluruh sel tubuh kita dan membuang racun dan ampas yang tidak dibutuhkan tubuh.

Tapi dalam beberapa jam saja, kita dapat kehilangan banyak cairan dari tubuh saat bernapas, buang air, dan berkeringat. Buruknya, kita sering enggak menggantikan cairan yang hilang tersebut.

(Baca juga: 5 Manfaat Tak Terduga dari Minum Air Hangat)

Selain membuat kulit dan bibir kering, menurut Dr. Irwin Rosenberg, M.D., Senior Scientist di Tufts University Neuroscience and Aging Laboratory, dehidrasi dapat merusak jaringan-jaringan di tubuh dan menurunkan volume darah sehingga aliran darah tidak lancar dan sampai ke seluruh organ. Makanya enggak heran, saat dehidrasi kita juga bisa mengalami pusing dan mulut terasa kering.

Perempuan pada umumnya membutuhkan sekitar 2,6 liter per hari dan laki-laki membutuhkan 3,5 liter per hari. Tapi semua ini bisa berubah karena harus disesuaikan dengan berat badan dan jenis aktivitas yan dilakukan masing-masing individu.

Pengin menghitung dengan rumus yang pakem? Rumusnya adalah berat badan dikali 30ml. Jadi kalau berat badan kita 50kg, kalikan dengan 30ml. Berarti dalam sehari, kita butuh minum 1500ml air atau 1,5 liter. Tapi kalau hari itu kita berencana untuk melakukan aktivitas yang lebih berat, kita bisa tambahkan sekitar 300ml lagi.

(Baca juga: Yuk Minum 10 Jus Buah Ini Agar Tubuh Langsing Seperti Vanesha Prescilla!)

Berada di iklim panas dan lembap membuat kita mudah kekurangan cairan tubuh melalui keringat. Sedangkan dalam suhu dingin dan kering, kita kehilangan cairan saat menghela napas. Jadi pastikan selalu ada segelas atau sebotol air di dekat kita dan minum sedikit-sedikit.

Asupan air yang terlalu sedikit atau terlalu banyak dapat mengacaukan konsentrasi elektrolit di tubuh yang sebenarnya mempengaruhi fungsi berbagai organ di tubuh kita. Minum terlalu banyak air dapat membuat darah terlalu encer dan menurunkan tingkat sodium sampai jauh lebih rendah dari level normal. Ini akan menyebabkan kita mual, muntah, dan keram. Kasus parahnya bisa sampai kejang, bahkan kematian.   

(Baca juga: Turun Berat Badan dan 9 Manfaat Lain dari Minum 12 Gelas Air Setiap Hari Selama 4 Minggu)