6 Pelajaran Hidup dari Olahraga Basket

By Andien Rahajeng, Jumat, 6 April 2018 | 16:48 WIB
. (Andien Rahajeng)

Enggak hanya seru dan membuat tubuh sehat, olahraga basket juga memberikan pelajaran yang bisa kita aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut 6 pelajaran hidup dari olahraga basket.

Bila kita ingin mahir dalam suatu hal, kerja keras adalah cara satu-satunya. Ingin menyempurnakan jum shot? Kita harus terus berlatih. Tidak aada jalan pintas untuk sukses baik di lapangan maupun dalam kehidupan.

Dalam cabang olahraga mana pun, disiplin adalah salah satu kunci terpenting. Disiplin adalah jembatan antara target dan pencapaian. Selain mengalahkan lawan, kita harus bisa mengalahkan diri sendiri terlebih dulu.

Dalam permainan basket, kita tidak bisa berhasil tanpa rasa percaya  dan yakin pada kemampuan diri kita dan teman satu tim. Di luar lapangan, kita juga tidak bisa sukses tanpa keyakinan akan kemampuan diri kita.

Kemampuan menyusun strategi sangat diperlukan dalam olahraga basket dan juga kehidupan. Kita harus bisa mengambil keputusan dan bertanggung jawab atas keputusan itu.

Basket adalah olahraga tim. Tanpa kontribusi dari setiap pemain dan kerja sama, kemenangan tidak mungkin diraih. Seperti dalam hidup, kita hanya akan berkembang bila kita bisa berkontribusi, berbagi, dan berkooperasi.

Ada saatnya prestasi kita terus di atas. Di sisi lain, kita juga enggak bisa jadi pemenang setiap saat. Kita harus bisa menerima dengan lapang dada bila ini bukan waktu kita. Yang terpenting, kita harus bangkit lagi.