Terapi Untuk Memaksimalkan Otak Kiri Kita. Ternyata Mudah, Lho!

By Indra Pramesti, Senin, 9 April 2018 | 13:00 WIB
8 Fakta Ilmiah Musik Bisa Mengobati Patah Hati (Indra Pramesti)

Sejak ditemukan teori soal otak kanan dan otak kiri untuk pertama kalinya oleh peraih Nobel, Roger W Sperry tahun 1981, kita jadi percaya kalau manusia memang memiliki dua bagian otak, yakni otak kanan dan otak kiri.

Ternyata ada cara supaya kita bisa memaksimalkan kerja otak, lho. Buat kita yang lebih dominan otak kanan, begini cara memaksimalkan otak kiri kita.

(Baca juga: 5 Gestur yang Membedakan Cowok yang Beneran Jatuh Cinta Sama yang Menganggap Sekadar Teman)

Musik klasik terbukti secara ilmiah merangsang kerja otak bagian kiri. Makanya kalau kita belajar Matematika atau sedang menulis, sangat disarankan utnuk mendengarkan musik klasik.

Berdebat melatih kemampuan otak untuk berpikir cepat dan mengungkapkan pikiran dengan baik. Jadi coba, deh, ikut lomba debat.

Rutinitas membuat otak, terutama otak kiri enggak bekerja secara maksimal. Paling gampang adalah mengubah rute pulang dan pergi ke sekolah.

Mengisi TTS merangsang otak untuk berpikir kritis dan menajamkan memori soal huruf, kata, dan berbagai peristiwa di masa lalu. Sementara Sudoku melatih otak kita untuk mengenal angka-angka dengan cepat.

(Baca juga: Menurut 16 Kepribadian (MBTI), Ekstrovert Punya Cara Berteman Yang Unik. Seperti Apa Cara Berteman Versi Kamu?)