5 Pelajaran Hidup yang Kita Dapat dari Olahraga Fencing

By Andien Rahajeng, Senin, 9 April 2018 | 12:30 WIB
Gu Bon-Gil , Atlet Fencing Korea (Andien Rahajeng)

Meski tidak sepopuler karate atau judo, olahraga fencing/anggar pun cukup diminati. Selain baik untuk menjaga tubuh tetap sehat, fencing juga mengajarkan tentang kehidupan.

Berikut 5 pelajaran hidup yang bisa kita ambil dari olahraga fencing.

Olahraga yang dilakukan secara one on one ini membutuhkan konsentrasi tinggi dan kemampuan menyusun strategi. Tentunya dua kemampuan ini juga diperlukan di kehidupan sehari-sehari di luar turnamen.

Saat kita udah memilih untuk serius dengan olahraga fencing, komitmen sangat lah penting. Kita harus memprioritaskan datang latihan meskipun sebenarnya diajak teman nongkrong di café baru.

Membagi waktu latihan, bertanding, dan belajar di sekolah bukan lah hal yang mudah. Tapi berlatih anggar akan membiasakan kita untuk lebih bisa mengatur waktu dengan baik.

Fencing mengajarkan kita kalau satu cara tidak berjalan mulus, kita harus bisa beradaptasi dan mencoba cara lain. Ini juga membuat kita lebih baik dalam berpikir kreatif. Jangan sampai kita terpaku dan membuat lawan mengalahkan kita dengan cara yang sama.

Keberhasilan yang kita dapat hari ini adalah hasil latihan kita berbulan-bulan lalu, bukan sesuatu yang instan. Begitu pun dengan kekalahan. Sebelum bertanding, kita juga harus pemanasan lagi dan sedikit mengulang routine yang sudah kita rencanakan. Selain baik untuk melemaskan otot, pemanasan juga baik sebagai persiapan mental.