9 Seleb Korea yang Menggunakan Bahasa Isyarat Untuk Berkomunikasi dengan Fans

By Kinanti Nuke Mahardini, Senin, 16 April 2018 | 09:25 WIB
foto: youtube.com (Kinanti Nuke Mahardini)

Bahasa isyarat menjadi salah satu komponen komunikasi yang penting ya, girls. Melalui bahasa isyarat, bukan hanya kita yang menikmati musik, lagu, berita, dan tayangan lain, namun teman-teman kita yang berkebutuhan khusus juga bisa menikmati tayangan tersebut.

Hal ini disadari oleh seleb Korea sehingga mereka menggunakan bahasa isyarat untuk berkomunikasi dengan fans. Berikut 9 seleb Korea yang menggunakan bahasa isyarat untuk berkomunikasi dengan fans:

(Baca juga: 9 Musuh yang Berubah Jadi Pacar di Drama Korea. Hmm Benci Jadi Cinta Nih?)

Meskipun berkolaborasi dengan Dingo untuk menyampaikan single medley mereka, namun kolaborasi Seolhyun dan Kim Min Suk dapat disampaikan dengan baik untuk fans.

Koreografi BTOB untuk single ‘Missing You’ milik mereka ternyata merupakan bahasa isyarat. Beberapa lirik seperti ‘I Miss You’, ‘Passes by’, dan ‘One year’ gerakan koreografinya menggunakan bahasa isyarat. Enggak hanya itu, BTOB juga pernah berkolaborasi dengan Dingo untuk lagu ‘Missing You’.

Bahasa isyarat masuk ke dalam single comeback terbaru MAMAMOO, ‘Starry Night’. Korografi yang mereka ciptakan mengandung makna yang sama dengan maksud bahasa isyarat. Salah satu member MAMAMOO, Wheein bahkan pernah berkomunikasi dengan fans tunarungu melalui kemampuan bahasa isyarat yang ia miliki.

Bolbbalgan mengungkapkan kisah cinta pertama mereka melalui lagu menggunakan bahasa isyarat. Saat itu, Bollbalgan4 bekerja sama dengan Park Sehyon. How sweet!

(Baca juga:6 Kali Jung Hae In Bikin Baper Penonton dalam Drama Korea Something in the Rain. Siap-siap Meleleh!)

Di bagian chorus lagu ‘TIAMO’, T-Ara menggunakan koreografi yang memiliki makna dalam bahasa isyarat. Koreografi tersebut memiliki makna own secret, lover, dan masih banyak lagi.

Pada MV Red Velvet khususnya single Red Flavor, mereka ternyata menggunakan bahasa isyarat. Hal ini mirip dengan stasiun televisi berita yang menyediakan bahasa isyarat untuk penikmat berita. Bahasa isyarat tersebut dilakukan oleh member Red Velvet sendiri.   

Setelah menerima surat dari seorang fans yang tunarungu, Luna akhirnya memutuskan tampil di ‘Immortal Song’ dengan menggunakan bahasa isyarat. Luna mengungkapkan dalam surat tersebut, fans sangat menyukai Luna namun tidak bisa mendengarnya.

Member SECHKIES Kang Sung Hoon, melakukan interaksi dengan bahasa isyarat ketika ia melakukan fansign. Pemandangan yang hangat ya, girls.

foto: youtube.com

Pemeran Mrs. Oh dalam Another Oh Hae Young ini ternyata pernah berkomunikasi dengan bahasa isyarat. Saat itu, sedang ada fansign dirinya di COEX Mall. Dilansir dari soompi.comfans tersebut tidak bisa mendengar dengan baik. Seo Jin Hyun akhirnya menggunakan bahasa isyarat yang bermakna "I love you." 

(Baca juga: Reunian 5 Pasangan di Variety Show We Got Married yang Paling Ditunggu!)