5 Cabang Olahraga Atletik Selain Lari. Kamu Sudah Tahu?

By Andien Rahajeng, Senin, 7 Mei 2018 | 02:04 WIB
Lompat Galah (Andien Rahajeng)

Kalau mendengar kata “atletik”, dibayangan kita mungkin hanya berbagai cabang olahraga lari, seperti marathon, lari, sprint, dan estafet. Padahal ada banyak cabang dari olahraga atletik lainnya yang juga enggak kalah menarik.

Atletik adalah gabungan dari beberapa jenis olahraga yang secara garis besar dapat dikelompokkan menjadi lari, lempar, dan lompat. Kata ini berasal dari bahasa Yunani “Athlon” yang berarti “kontes”. Atletik merupakang salah satu cabang olahraga tertua yang diperlombakanan sejak Olimpiade pertama pada tahun 776 sebelum Masehi, lho.

Atletik merupakan salah satu cabang olahraga andalan Indonesia. Berikut cabang-cabang dari atletik yang mungkin kita belum tahu. Kamu sudah tahu?

Tolak Peluru

Tolak peluru merupakan kelompok olahraga lempar. Peluru yang dimaksud adalah bola besi yang berat. Bola besi ini harus dilempar oleh atlet tolak peluru sejauh mungkin. Dalam melakukan tolakannya, atlet dapat menggunakan gaya menyamping atau membelakangi sektor lemparan. Berat peluru beragam, mulai dari 3 kilogram hingga 7,25 kilogram, disesuaikan dari gender dan level atlet.

Lompat Tinggi

Cabang atletik satu ini enggak hanya memerlukan kekuatan kaki dan keterampilan melompat. Kelenturan tubuh juga harus dimiliki atlet lompat tinggi. Olahraga ini dilakukan dengan melompati mistar setinggi 1,70 meter sampai 2.38 meter dengan gerakan yang mirip dengan backflip. Bila ada anggota tubuh yang menyentuh mistar atau bahkan sampai mistar jatuh, skor atlet menjadi rendah. Atlet lompat tinggi umumnya memiliki postur tubuh tinggi dan ramping.

Lompat Galah

Lompat galah memiliki teknik yang hampir sama dengan lompat tinggi. Yang membedakan, atlet menggunakan galah sebagai alat bantu. Tentunya tinggi lompatan yang dilakukan lebih tinggi dari cabang lompat tinggi, yaitu 3,75 meter sampai 5,95 meter. Aturannya sama, atlet  harus lompat setingi mungkin tanpa menyentuh mistar.

Lempar Lembing

Lembar lembing melombakan keterampilan melempar lembing untuk mencapai jarak tertentu. Untuk mendapatkan lemparan terjauh, atlet harus menyeimbangkan antara kecepatan, teknik, dan kekuatan. Jarak lempran yang diperoleh dihitung dari tancapan unjung lembing yang dilempar.

Menembak

Menembak juga merupakan cabang atletik. Olahraga ini membutuhkan konsentrasi tinggi utnuk membidik sasaran tembak dengan tepat. Peluru yang digunakan adalah peluru karet. Poin penilaian dihitung dari akurasi menembak.