4 Rahasia Makeup Awet di Cuaca Panas ala Beyonce di Coachella. Penasaran?

By Andien Rahajeng, Senin, 23 April 2018 | 08:00 WIB
. (Andien Rahajeng)

Pengin makeup awet saat wisuda atau acara lainnya, tapi cuaca panas dan lembap? Jangan khawatir, kita bisa tiru rahasia makeup awet dari Makeup Artist langganan Beyonce, Sir John. Kalau makeup Beyonce bisa awet selama manggung dua jam lebih dengan full koreografi di cuaca super panas dan lembab saat Coachella, tentunya trik ini bisa diandalkan. Penasaran apa aja?

(Baca juga: Rekomendasi Bedak Tabur yang Cocok untuk Kulit Berminyak)

Skip Moisturizer, Enggak Boleh Lupa Primer

Menurut Sir John, pakai moisturizer yang teksturnya emollient di cuaca panas adalah big no, no! Moisturizer bakal bikin makeup kita lebih cepat luntur. Biar kelembapan kulit kita tetap terjaga, kita bisa ganti moisturizer dengan serum yang teksturnya lebih mirip air.

Yang enggak boleh kita lupa adalah primer, terutama kalau jenis kulit kita berminyak. Pakai primer yang mattifying di bagian wajah yang cepat berminyak seperti dahi, hidung dan pipi. Kalau kulit kita cenderung kering, hydrating primer bisa jadi pilihan.

Blotting Paper Sebelum Touch-Up

Saat udah mulai berkeringat dan pengin touch-up, jangan lupa pakai blotting paper/kertas minyak dulu. Sebelum touch-up bedak, kita harus menghilangkan minyak berlebih dulu dengan blotting paper. Menurut Sir John, kalau kita langsung bedakkan dan kondisi wajah masih berminyak, bedak akan mendorong minyak ke dalam pori-pori dan membuat makeup kita jadi kelihatan cakey. Jadi, selalu siapin blotting paper di tas, girls!

(Baca juga: 5 Langkah Membuat Foundation Tahan Lama untuk Kulit Berminyak)

Eyeshadow Primer untuk Kelopak Mata dan Alis

Kunci warna eyeshadow lebih keluar dan lebih tahan lama adalah eyeshadow primer. Eyeshadow pimer membuat eyeshadow bisa menempel di kelopak mata lebih baik. Udah tahu belum, ternyata fungsi eyeshadow primer enggak cuma itu, lho.

Tips dari Sir John, aplikasikan juga eyeshadow primer ke alis kita sebelum kita gambar alis. Terus lanjutkan dengan pakai pomade. Kenapa pomade? Karena warna pomade lebih intens dan bisa lebih tahan lama dari pensil alis biasa. Untuk alis yang terlihat on fleek lebih lama lagi, jangan lupa kunci alis kita dengan eyebrow gel.\

Set Eyeliner dengan Eyeshadow Hitam

Rasanya bencana banget kalau eyeliner luntur di momen spesial hanya gara-gara cuaca panas. Biar enggak terjadi seperti ini, jangan lupa untuk nge-set eyeliner kita dengan eyeshadow hitam. Selain akan lebih awet, warnanya juga akan terlihat lebih intens dan matte. 

(Baca juga: Ternyata Ini Warna Eyeshadow yang Cocok untuk Bulan Lahir Kita)