10 Fakta Baru tentang Ed Sheeran dari Film Dokumenter Terbarunya, 'Songwriter'. Sudah Tahu?

By Kinanti Nuke Mahardini, Kamis, 26 April 2018 | 04:55 WIB
foto: express.co.uk (Kinanti Nuke Mahardini)

Selain memproduksi lagu, Ed Sheeran juga kini membuat sebuah film dokumenter tentang dirinya yang berjudul ‘Songwriter’. Film ini merupakan hasil kerjasama antara dirinya dan Murray Cummings selaku sutradara yang tidak lain adalah keponakan Ed Sheeran sendiri.

‘Songwriter’ pertama kali ditampilkan kepada publik saat Tribeca Film Festival di New York. Dari pemutaran film tersebut, kita ternyata mengetahui sejumlah fakta baru tentang Ed Sheeran dan seluruh karyanya. Berikut 10 fakta baru tentang Ed Sheeran yang wajib kita ketahui:

(Baca juga: Agnez Mo Bergabung dengan 300 Entertainment, Label Rekaman Amerika. Keren!)

Seperti kita ketauhi bahwa lagu ‘Love Yourself’ milik Justin Bieber ditulis oleh Ed Sheeran. Lirik asli dari lagu ‘Love Yourself’ itu sendiri ialah “Cause if you like the way you look that much, oh baby you should go and f*ck yourself.” Dianggap terlalu vulgar, lirik lagu tersebut kemudian ditulis ulang dan menjadi “Cause if you like the way you look that much, oh baby you should go and love yourself.”

Salah satu lagu hits Ed Sheeran yang berjudul Don’t ternyata ia tulis hanya dalam waktu 2 jam saja. Awalnya Ed Sheeran hanya menemukan beat dari lagu ini baru kemudian liriknya ditamabahkan. Penyempurnaan hanya membutuhkan waktu kurang dari waktu tersebut.

Ed Sheeran memang dikenal sebagai salah satu musisi yang nyentrik dan enggak biasa. Ia biasanya akan membuat sebuah lagu di tempat yang enggak biasa. Seperti ‘Love Yourself’ ia tulis di bus ketika dirinya melakukan tur musik sedangkan ‘Happier’ sendiri ia tulis di kapal Queen Mary 2. Engak hanya ditulis namun, Ed langsung rekaman dengan band-nya di atas kapal.

Lagu pertama Ed ia tulis ketika dirinya berusia 11 tahun. Ia menulis dan merekam lagu tersebut di usia yang sangat muda. Single pertama yang ditulis oleh Ed berjudul ‘Typical Average Teen’.

Beberapa waktu lalu, Ed Sheeran pergi dan mengunjungi SMA tempat ia bersekolah dulu. Ketika ia pergi ke Thomas Mills High School, Ed menemukan bahwa dirinya ternyata terpilih menjadi pemenang untuk kategori ‘Orang yang paling mungkin terkenal’ saat Prom. Hebatnya lagi, hal tersebut menjadi nyata.

(Baca juga: Shawn Mendes Segera Merilis Album Terbaru, Ini 4 Bocorannya!)

Lagu yang membuat nama Ed Sheeran melambung, yakni ‘The A Team’ ternyata hanya ditulis dalam waktu 20 menit! Kalimat dasar lagu ini ialah “Dia ada di Tim Kelas A.” Hebatnya dari satu kalimat tersebut berkembang menjadi lagu yang luar biasa.

Dari album ‘Divide’ milik Ed Sheeran yang dirilis pada 3 Maret 2017 lalu, ternyata ‘Perfect’ adalah lagu pertama yang ia tulis namun kenyataannya ‘Perfect’ menjadi lagu terakhir yang diselesaikan oleh Ed.

Meskipun ‘Perfect’ merupakan lagu pertama yang ditulis, namun lagu ini menjadi yang terakhir selesai. Alasannya sangat simpel girls. Ed merekam ‘Perfect’ langsung menggunakan band bukan menggunakan akustik seperti yang biasa ia lakukan. Terlalu rumit membuat lagu ini sempat terbengkalai. Akhirnya, Ed menemukan melodi akustik yang tepat untuk lagu ini.

Ketika mengirimkan rancangan satu album pada Asylum Music yang merupakan label rekamannya, Ed Sheeran mendapatkan dorongan menambah satu lagu lagi. Lagu tambahan tersebut adalah ‘Shape of You’. Jika saat itu album Ed langsung disetujui, mungkin kita tidak akan pernah mendengar ‘Shape of You’.

Dari seluruh album yang telah dirilis selama perjalanan karir Ed, ia merasa bahwa ‘Divide’ adalah album terbaik. Hal tersebut disebabkan karena hati, jiwa, dan raga Ed ia kerahkan untuk Divide dan hasilnya sempurna.

(Baca juga: Deretan Film Disney dan Marvel yang Akan Dirilis Tahun 2018-2019. Catat Tanggalnya!)