15 Lagu Kpop yang Ternyata Remake dari Lagu Lainnya. Ada Favoritmu?

By Kinanti Nuke Mahardini, Kamis, 26 April 2018 | 06:55 WIB
foto: soompi.com (Kinanti Nuke Mahardini)

Kesuksesan sebuah lagu membuat musisi lainnya tertarik untuk melakukan remake. Lagu kpop yang kita dengar sehari-sehari ternyata merupakan remake dari beberapa lagu. Berikut 15 lagu kpop yang ternyata remake dari lagu lainnya:

(Baca juga: Seleksi Lebih Ketat, Berikut 7 Perbedaan Musik Kpop dengan Pop Amerika)

Urban Zakapa merilis lagu ‘Drinking Coffee’ tahun 2011 dan kemudian sukses. Tahun 2013, BTS merilis lagu ‘Drinking Coffee’ tersebut dengan judul ‘Coffee’ berdasarkan versi mereka sendiri.

Lagu ini dirilis oleh BoA tahun 2003. Sekitar 13 tahun kemudian, Taeyeon melakukan remake pada lagu ini dan menjadikan lagu ini sebagai official face MMORPG Sword and Magic karena lagunya yang ceria dan sangat cocok untuk sebuah game.

Sebuah girl grup bernama Papaya merilis single ‘Listen To My Word’ dengan kesan cute di lagu tersebut. Di 2016, Oh My Girl merilis lagu remake dengan judul yang sama namun dengan kesan cute ala Oh My Girl.

‘Be Natural’ merupakan lagu milik S.E.S yang dirilis tahun 2000. Lagu ini kemudian dinyanyikan oleh Seulgi dan Irene bahkan saat mereka masih berada di SMROOKIES. Setelah debut, ‘Be Natural’ di remake oleh Red Velvet di 2014.

Penyanyi Lee Sung Chul merilis lagu ini di tahun 1989 dan sukses. Lagunya bahkan banyak di cover oleh musisi lainnya. Ketika Girl’s Generation debut, mereka melakukan remake pada lagu ini dan menyanyikannya.

(Baca juga: Timeline Skandal Kasus Bullying yang Menimpa Grup Kpop T-Ara! Apa yang Sebenarnya Terjadi?)

H.O.T pertama kali merilis lagu ini tahun 1997. Sekitar 10 tahun kemudian, Super Junior melakukan remake lagu ini untuk salah satu lagu comeback mereka.

Lee Moon Sae merilis ‘Sunset Glow’ di tahun 1988. Hampir 20 tahun setelah lagu ini rilis, BIGBANG merilis ulang lagu ini sesuai dengan versi mereka. Hebatnya, mereka melakukan remake setelah mendapatkan izin langsung dari Lee Moon Sae.

Salah satu girl grup Jerman bernama Monrose merilis Hot Summer di 2007. Single ini kemudian di-remake oleh f(x) dan menjadi hits musik kpop.

‘Farewell Formula’ milik R.ef tahun 1995 di-remake dengan judul ‘Love Equation’ oleh VIXX. Kedua lagu ini sama-sama menjadi hits.

Tahun 1993, Salt-N-Pepa merilis lagu dengan judul tersebut yang ternyata hasil remake dari lagu milik Linda Lyndell tahun 1968. Ketika I.O.I comeback mereka memuat remake dari lagu tersebut dengan versi yang lebih kharismatik.

(Baca juga: Timeline Kasus Kematian Jang Ja Yeon. Kasus Pelecehan Seksual & Bunuh Diri Paling Menyedihkan di Korea)

Cho Deok Bae merilis My Old Story tahun 1984. Seketika lagu ini menjadi sukses dan viral. IU kemudian merilis ulang lagu ini dengan judul yang sama.

Dancing Queen milik Girl’s Generation ternyata adalah hasil remake musisi Duffy dengan judul Mercy yang sudah rilis di 2008.

Penyanyi Nami merilis lagu tersebut di tahun 1984 dengan nuansa yang ceria. Di 2012, T-ARA merilis ulang lagu ini dengan kesan yang sama namun versi mereka sendiri.

‘Keep My Cool’ dirilis oleh Luis Fonsi tahun 2002. Dua tahun kemudian, BoA melakukan remake pada lagu ini dan lebih sukses.

Beat dan lirik yang manis diperkenalkan oleh Mohamed Ali dengan lagunya yang berjudul ‘Holla’ tahun 2009. Satu tahun kemudian, SHINee merilis ‘Hello’ yang sesuai dengan versi mereka sendiri.

(Baca juga: Timeline Pertengkaran Camila Cabello dengan Fifth Harmony. Rumit!)