Penyebab Susah Move On Dari Gebetan Yang Enggak Pernah Jadi Pacar

By Indra Pramesti, Kamis, 26 April 2018 | 08:15 WIB
Kamu pernah mengalami juga? (Indra Pramesti)

Cinta bertepuk sebelah tangan sama gebetan memang bukan kondisi yang menyenangkan. Banyak dari kita yang pada akhirnya jadi susah buat move on juga, meskipun pada dasarnya kita dan dia belum pernah menjalin hubungan pacaran secara resmi.

Tapi bagaimana pun juga, kita pernah naksir dan jatuh cinta sama orang itu dan ada kenangan yang pernah kita buat bersama. Kadang hal ini semakin menambah sulitnya leapas dari bayangan si gebetan.

Dilansir dari EliteDaily, Kathryn Mitchem, seorang dating coach dan ahli percintaan, memaparkan penyebab susahnya move on dari gebetan yang enggak pernah jadi pacar. Kamu pernah mengalaminya juga?

https://www.kathrynmitchem.com/

(Baca juga: Pacar Sering Cemburu Sama Sahabat Cowok Kita? Ini Cara Menghadapinya )

Alasan kenapa secara psikologis otak kita sulit lepas dari keadaan ini adalah karena kita enggak bisa membedakan mana yang menjadi fantasi dan kenyataan. Saat PDKT, misalnya, Mitchem memaparkan bahwa kita punya kebiasaan untuk menghabiskan waktu untuk membayangkangkan bagaimana hidup kita kalau bersama gebetan yang kita sukai ini.

Lalu ketika ternyata kita dan dia batal jadian, otak kita jadi mengumpulkan semua perasaan sedih yang kita rasakan karena apa yang kita bayangkan enggak sesuai dengan kenyataan. Karena hal ini, kita jadi semakin terpuruk, sulit membedakan fantasi dan kenyataan, dan akhirnya sulit move on juga.

Salah satu alasan lainnya kenapa kita susah move on dari gebetan yang enggak pernah jadi pacar adalah karena kita cenderung mengingat masa kecil, di mana kita merasa kurang mendapatkan cinta yang cukup.

Menurut Mitchem, kita cenderung tertarik dengan seseorang atau sebuah situasi yang membuat kita beranggapan kita bisa memenuhi apa yang belum kita dapatkan di masa lalu. Alhasil, kita mengejar fantasi pada orang yang enggak bisa kita dapatkan.

Keadaan ini jadi parah, karena orang yang kita sukai itu ternyata enggak bisa memenuhi apa yang kita dambakan. Akhirnya, rasa kecewa yang semakin menumpuk mengakibatkan kita jadi sulit untuk move on dari dia.

Nah, girls, kamu pernah mengalami masa-masa seperti ini juga? (EliteDaily)

(Baca juga: 6 Cara Berubah Buat Kita Yang Suka Mengeluh)