Penipuan hingga Aborsi, 10 Skandal Seleb Korea Paling Parah & Heboh Selama 20 Tahun Terakhir

By Kinanti Nuke Mahardini, Jumat, 27 April 2018 | 10:15 WIB
(Kinanti Nuke Mahardini)

Kehidupan di dunia entertainment enggak selamanya mudah baik seleb Korea. Sedikit melakukan kesalahan dan terlibat skandal, maka karir mereka bisa saja hancur. Bagaimanapun selebriti tetap manusia yang bisa saja melakukan kesalahan. Berikut 10 skandal seleb Korea paling buruk selama 20 tahun terakhir:

(Baca juga: 8 Foto Lim Sung Jin, Atlet Voli Korea dengan Visual Menawan yang Bikin Jatuh Hati)

Sekitar tahun 2000, penyanyi Baek Ji Young terkena skandal dan dibenci publik setelah rekaman seks dan cabul yang melibatkan dirinya tersebar di internet. Rekaman tersebut diambil oleh mantan manajer sekaligus orang yang melakukan seks bersama Baek Ji Young, manajernya sendiri. Rekaman tersebut digunakan untuk memeras Ji Young. Skandal ini menyebabkan semua kontrak Baek Ji Young dibatalkan. Lagu-lagunya juga ditarik dari peredaran. Ketika mengadakan fanmeeting, Baek Ji Young harus mengadakan di gunung karena takut fans-nya akan dihujat. Butuh enam tahun untuk bangkit bagi Ji Young, ia comeback dengan menyanyikan soundtrack drama. Tahun 2013, ia menikah dengan Jung Suk Won.

Solois Ivy bersama Fantom Entertainment yang merupakan agensinya ditutut atas melanggar hak cipta. Ia dituduh melakukan plagiarisme untuk lagu Sonata of Temptation. Enggak hanya itu, Ivy juga diperas oleh mantan pacarnya dengan alasan jika Ivy tidak memberikan uang, foto bugil masa lalunya akan disebar.

Skandal pemerasan karangan Ivy dianggap hanya karangan penyanyi itu saja, justru Ivy diduga menipu penyanyi Wheesung yang merupakan mantan pacarnya karena tuduhan selingkuh. Semua kontrak Ivy diputus setelah skandal tahun 2007 itu. Ketika Ivy comeback di 2009, MV miliknya ‘Touch Me’ dilarang tampil di stasiun televisi nasional.

The Content Entertainment tiba-tiba memutuskan kontrak dengan Lee Mi Sook karena agensi ini merasa lelah menutupi perselingkuhan Mi Sook dengan salah seorang laki-laki bernama Kim yang 17 tahun lebih muda. Saat skandal ini menyebar, Mi Sook berstatus sebagai istri sah dari Hong Sung Ho.

Selingkuhan Mi Sook mengancam akan membeberkan perselingkuhan mereka sehingga Content Entertainment harus membayar sejumlah uang. Sejak skandal ini Mi Sook jarang tampil di media dan hanya mengungkapkan permintaan maaf.

Aktris Lee Ji Ah ternyata sudah menikah dengan Seo Taiji dari 1997 hingga 2006. Hebatnya, pernikahan kedua seleb ini tidak diketahui selama sembilan tahun. Kejutan besar bagi publik Korea ketika Lee Ji Ah menjalin hubungan dengan Jung Woo Sung di 2011, saat itu dia tengah mengalami masalah hukum atas perceraiannya dengan Seo Tai Ji. Pernikahan rahasia selebriti ini menjadi skandal yang tertutup paling kama.

Media Korea, Dispatch merilis foto Lee Byung Hun dengan Yoon Eun Hye. Lee Byung Hun kemudian langsung membuat pernyataan dan menjelaskan bahwa Yoon Eun Hye akan pulang dari pesta ulang tahunnya. Oleh karena itu, ia akan mengantar Eun Hye pulang namun tertangkap oleh paparazzi.

Byung Hun bahkan mengatakan bahwa “foto tersebut membuat kami terlihat benar berkencan.” Namun dispatch langsung memberikan klarifikasi bahwa Byung Hun dan Eun Hye bukan akan pulang namun mereka pindah lokasi pesta  dan melanjutkan pesta tersebut. Perseteruan tersebut hilang begitu saja.

(Baca juga: 7 Historical Drama Korea Terbaik Sepanjang Masa. Mana Favoritmu?)

Pacar Son Ho Young ditemukan meninggal di dalam mobil setelah menenggak pil tidur dan menyalakan briket batubara di dalam mobil. Hal ini membuat Ho Young terguncang dan kemudian mencoba melakukan hal yang sama dengan apa yang telah dilakukan kekasihnya. Ia mencoba mengakhiri hidup karena kekecewaan pada hidup. Beruntung, anggota G.O.D lainnya membantu Son Ho Young keluar dari keterpurukan.

Dua idol, Dahee dipenjara dua bulan dan Lee Ji Yeon dipenjara selama satu tahun setelah keduanya terbukti mencoba melakukan pemerasan pada Lee Byung Hun. Kedua idol ini memeras Byung Hun karena keduanya memiliki video mesum Byung Hun dan seorang perempuan. Dahee dan Ji Yeon meminta uang $5 juta pada Byung Hun namun berujung dalam kurungan penjara.

Member SS501, Kim Hyun Joon kini menjadi salah satu orang yang paling dibenci publik Korea setelah kekasinya melapor bahwa ia mendapatkan sejumlah pelecehan seksual. Pada mulanya, Hyun Joon dan pacarnya sama-sama saling menyukai hingga perempuan pacar Hyun Joon hamil.

Sayangnya, kehamilan tersebut justru diaborsi oleh Hyun Joon. Enggak hanya itu, sang pacar juga sering mendapatkan perkataan kasar seperti “babi” dan masih banyak lagi. Hyun Joon dituntut $5000 atas kesalahannya.

Sekitar tahun 2016, Yoochun dituntut karena ia dituduh melakukan pelecehan seksual dan pemerkosaan pada lima perempuan. Perempuan pertama dipaksa dan dibawa Yoochun ke kamar mandi yang kemudian Yoochun melakukan pelecehan seksual di tempat itu. Polisi yang kekurangan bukti akhirnya membebaskan Yoochun.

Namun, banyak pihak yang mengatakan bahwa Yoochun sering datang ke tempat hiburan malam untuk mendapatkan seks. Tahun ini menjadi tahun kembalinya Yoochun sebagai pribadi yang lebih baik, semoga.

Februari 2018, suami Baek Ji Young, Jung Suk Won ditangkap di Bandara Incheon karena menggunakan sabu-sabu selama perjalanannya ke Australia. Jung Suk Won meminta maaf kepada publik atas kesalahan yang dia lakukan. Terutama Baek Ji Young yang benar-benar ingin merefleksikan kesalahannya sebagai seorang istri.

(Baca juga: 10 Drama Korea dengan Genre Thriller Terbaik. Harus Nonton Nih!)