Kenapa Saat Menstruasi Kita Jadi Lebih Berkeringat, Ya? Ini Penjelasannya!

By Andien Rahajeng, Rabu, 2 Mei 2018 | 11:50 WIB
asiachan.com (Andien Rahajeng)

Pernah menyadari enggak, saat PMS dan menstruasi, kita berkeringat lebih banyak dan lebih sering dari biasanya? Sebenarnya ini hanya perasaan kita atau beneran terjadi? Berikut penjelasannya.

(Baca juga: 4 Penjelasan Ilmiah Kenapa Kita Susah Tidur Saat Menstruasi)

Siklus menstruasi kita terdiri dari 4 fase. Fase pertama adalah fase menstruasi atau pendarahan yang umumnya berlangsung selama 5 hari. Kedua adalah fase folikular. Pada fase yang dimulai di hari pertma menstruasi sampai hari ke-13 ini, folikel ovarium menjadi matang.

Ketika sel telur matang, folikel mengeluarkan hormon yang merangsang rahim untuk membentuk lapisan pembuluh darah dan jaringan lunak yang baru disebut endometrium. Ini merupakan langkah untuk pemulihan dari fase menstruasi yang pertama.

Setelah itu, fase dilanjutkan dengan fase ovulasi atau fase subur. Fase ke-4 dan terakhir dalam siklus menstruasi adalah fase luteal. Di fase luteal, tubuh kita akan kembali bersiap-siap untuk mengalami menstruasi lagi kalau enggak ada pembuahan.

(Baca juga: Siklus Menstruasi Bisa Barengan Sama Teman. Mitos atau Terbukti Secara Ilmiah?)

Nah, tubuh kita akan memproduksi keringat lebih banyak saat fase luteal ini. Hal ini adalah normal dan dialami sebagian besar perempuan. Alasannya, saat tubuh kita melewat fase luteal, hormon kita sedang mengalami perubahan drastis dan enggak seimbang. Hormon estrogen dan dan testosteron, dan progesteron meningkat.

Selain progesterone, hormon cortisol/hormone stress juga meningkat dan mempengaruhi hypothalamus. Hypothalamus adalah bagian otak yang mengatur suhu tubuh. Di fase luteal ini, fungsi hypothalamus akan sedikit terganggu sehingga mengirim sinyal ke kelenjar getah bening untuk menurunkan suhu tubuh dengan cara mengeluarkan keringat.

(Baca juga: Olahraga Saat Menstruasi Sebenarnya Boleh Atau Enggak, Ya?)

Selain tingkat stress tinggi, kafein, alkohol, dan olahraga berlebihan saat fase menstruasi dan luteal terjadi juga membuat produksi keringat kita berlebih. Jadi, sebisa mungkin kita menghindari konsumsi kafein dan olahraga berlebihan saat menstruasi dan PMS ya, girls!