5 Fakta Mengejutkan dan Mencengangkan di Balik Kemegahan Met Gala

By Kinanti Nuke Mahardini, Selasa, 8 Mei 2018 | 10:51 WIB
foto: hollywoodreporter (Kinanti Nuke Mahardini)

Met Gala 2018 telah digelar pada 7 Mei 2018 kemarin di Metropolitan Musem of Art, New York. Met Gala awalnya merupakan acara pengumpulan dama untuk Costume Institute. Acara pengumpulan dana yang sudah berlangsung dari 1946 ini pada mulanya merupakan acara pengumpulan dana sederhana.

Namun, semua berubah ketika Anna Wintour, editor Vogue U.S menjadi chairwoman dari Met Gala. Ia mengubah acara pengumpulan dana menjadi acara eksklusif yang dihadiri sejumlah publik figur dan disiarkan di seluruh dunia. Berikut fakta mengejutkan di balik kemegahan Met Gala yang wajib kita tahu.

(Baca juga: BTS Resmi Rilis Teaser Untuk Album ‘Love Yourself: Tear’. Bikin Enggak Sabar!)

Tiket atau undangan Met Gala biasanya dibandrol dengan harga $30.000 hingga $50.000. Jika dirupiahkan, tiket ini setara dengan Rp 413.550.000,00. Harga ini baru untuk “tiket masuk” ya, karena kalau kita pengin menyantap hidangan di sana, kita harus “membeli meja” seharga $275.000 hingga $500.000. Harga table tersebut kalau kita rupiahkan akan senilai dengan 7 Milyar rupiah!

Meskipun kita selebriti dan banyak uang, kita enggak bisa masuk begitu saja di Met Gala. Soalnya, undangan bukan hanya untuk selebiriti, namun juga untuk publik figur lainnya, jadi kuota akan terbagi. Hal inilah yang menyebabkan ada waiting list guest di Met Gala.

Persyaratan khusus lainnya di Met Gala adalah harus dikenal oleh banyak orang. Menjadi seorang selebriti dan banyak uang enggak cukup karena kita harus memiliki popularitas sebagai seorang influencer.

Enggak sedikit yang mengungkapkan bahwa Met Gala merupakan acara yang membosankan. Soalnya, ketika sudah melewati red carpet, seleb akan masuk tanpa smartphone. Selama acara, mereka tidak boleh mengaktifkan smartphone, sehingga seluruh acara yang ada di Met Gala adalah rahasia.

Dilansir dari cosmopolitan.com, Demi Lovato bahkan mengatakan bahwa ia merasa tidak nyaman berada di Met Gala. Bagi Demi, Met Gala juga acara yang penuh kepalsuan, bukan acara menggalang dana.

(Baca juga: Bikin Meleleh, Wanna One Rilis Teaser Album ‘Undivided’. Wannable Siap?)

Smartphone sudah dilarang dalam Met Gala, selanjutnya masing-masing selebriti juga enggak boleh membawa asisten mereka. Hanya selebriti penampil yang bisa membawa asisten dan jumlahnya juga dibatasi. Amy Schumer di Met Gala tahun 2016 bahkan mengungkapkan bahwa ia sangat ingin kabur dari Met Gala sesaat setelah ia datang karena acara tersebut memang hukuman.

Bisa dibayangkan, girls bagaimana jadinya seorang selebriti dengan gaun harus menaiki anak tangga sendiri tanpa ada yang membantu. Jika mereka jatuh, tentu akan menjadi kontroversi dan perbincangan publik. Namun di sisi lain, peraturan tidak memperbolehkan mereka membawa asisten. Serba salah, ya!

Meskipun acara ini terlihat sangat mewah, namun ternyata acara ini kurang terstruktur. Terlalu banyak orang di tempat tersebut dan beberapa di antaranya tidak terarah. Dilansir dari cosmopolitan.com, Gwyneth Paltrow mengatakan setelah Met Gala 2013 bahwa “Aku tidak akan datang ke tempat itu. Tidak menyenangkan. Panas. Terlalu banyak orang dan crowded.”

Seperti yang kita ketahui bahwa Met Gala tidak boleh mengaktifkan ponsel. Namun, di tahun 2017, sejumlah selebriti yang hadir di Met Gala berfoto bersama di toilet. Desas-desusnya, beberapa seleb akan merokok di toilet karena acara yang membosankan.

(Baca juga: 15 Seleb Hollywood Ini Ternyata Enggak Pernah Menghadiri Met Gala Lho! Kamu Menyadarinya?)