8 Lagu dan MV yang Pernah Dilarang Tayang oleh KBS. Kenapa, ya?

By Kinanti Nuke Mahardini, Selasa, 8 Mei 2018 | 06:40 WIB
foto: soompi.com (Kinanti Nuke Mahardini)

KBS atau Korean Broadcasting System merupakan salah satu stasiun televisi penyiaran publik terbesar di Korea Selatan. Meskipun terletak di Seoul, namun jangkauan dan penyiaran KBS hampir mencapai seluruh daerah di Korea. Sistem penyiaran yang menyeluruh tentu akan membuat sebuah lagu bahkan music video mudah dikenali. Begitu pula dengan lagu dan MV dari grup kpop. Sayangnya, lagu dan MV dari grup kpop ini justru dilarang tayang di KBS karena berbagai alasan. Berikut 8 lagu dan MV yang pernah dilarang tayang oleh KBS:

(Baca juga: Sweet Abis! Berikut 7 Pasangan Paling Romantis di Met Gala 2018. Favorit!)

Lagu adiktif dengan tarian dari Gangnam Style memang viral di seluruh dunia. Hampir 3 Milyar orang dari seluruh dunia pernah menyaksikan MV ini. Namun, MV Gangnam Style ini pernah dilarang tayang di KBS terutama ketika PSY menendang kerucut lalu lintas dan mengganggu perempuan dengan melepas tali bikini. Bagi pihak KBS adegan ini tidak pantas ditayangkan dan dikonsumsi oleh publik Korea.

MV dari sub-unit After School ini dilarang tayang oleh KBS karena menyimpan makna lain sarkastik. Terutama saat member Orange Caramel berada di dalam plastic wrap dan diberi label harga.

Sorry I Was Busy merupakan salah satu lagu dari sub-unit INFINITE. Lagu ini dilarang tayang di KBS karena beberapa kata terlalu vulgar. Belum lagi beberapa lirik dalam bahasa Jepang menjadi masalah bagi KBS.

Meskipun lagu ini sangat populer di Korea, namun KBS memutuskan tidak akan menayangkan MV dan juga lagu ini. Liriknya terlalu sarkastik dan dianggap bisa membawa pengaruh buruk bagi publik, karena itu KBS memutuskan tidak akan memasukan MV Cherry Bomb milik NCT.

(Baca juga: 7 Karakter Cowok di Drama Korea yang Terlihat Baik Namun Sesungguhnya Membosankan Kalau Jadi Pacar)

Single dan MV milik WINNER memuncaki tangga lagu di acara musik MBC dan SBS. Namun, tidak dengan KBS. KBS melarang Everyday milik WINNER karena liriknya yang vulgar. Terutama penggunaan Lotto oleh Mino yang berarti judi.

Sama seperti Everyday milik WINNER, KBS juga melarang single Lotto tayang di KBS. EXO akhirnya mengalah dan mengganti Lotto dengan kata louder.

Enggak ada lagu yang lebih seru dibandingkan Go Go milik BTS. Namun Go Go dilarang tayang di KBS karena liriknya yang terlalu vulgar.

Dance yang terlalu sensual menjadi penyebab akhirnya Something milik Girl’s Day dilarang tayang di KBS. Detik ke 0:39 menjadi dance paling sensual yang akhirnya MV dan lagu ini dilarang tayang.

(Baca juga: 8 Karakter Cowok di Film & Drama Korea Populer yang Hampir Diperankan oleh Aktor Lain. Kamu Sudah Tahu?)