Yuk, Dukung Gerakan Menuju 100 Smart City Yang Sudah Ditandatangani!

By Indra Pramesti, Rabu, 9 Mei 2018 | 05:30 WIB
Gerakan Menuju 100 Smart City (Indra Pramesti)

Hidup di lingkungan tempat tinggal yang baik pasti jadi impian buat kita semua. Konsep sederhana ini kemudian akan diwujudkan dalam gerakan smart city.

Selasa (8/5/2018), setidaknya ada 50 wali kota dan bupati yang akan menandatangani nota kesepahaman untuk mengikuti Gerakan Menuju 100 Smart City tahap kedua.

Gerakan Menuju Smart City sudah bergulir sejak tahun 2017. Saat itu, 25 kabupaten/kota terpilih untuk mengikuti kegiatan ini. Sementara, 25 kabupaten/kota lainnya ditargetkan mnegikuti kegiatan ini pada tahun depan.

Smart City sendiri bertujuan mendorong pemanfaatan teknologi dalam menjawab permasalahan sekaligus mendorong potensi di daerah masing-masing.

Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, menyatakan bahwa smart city tidak hanya pemenuhan atas kebutuhan teknologi.

:Kita harus mendefinisikan dulu manfaat apa yang ingin diberikan kepada masyarakat, baru kemudian mencari teknolologi yang relevan,” kata Rudiantara.

Pemilihan kabupaten/kota untuk mengikuti kegiatan ini dilakukan melalui selksi dengan melihat berbagai parameter, seperti kondisi keuangan daerah, peringkat, dan status kinerja penyelenggara pemerintah daerah berdasarkan data Kementerian Dalam Negeri, serta indeks Kota Hijau yang diterbitkan Kementerian PUPR.

Awalnya, 120 terpilih menjadi kandidat untuk mengikuti proses assesment di Jakarta. Kesiapan diukur melalui visi kepala daerah serta kelengkapan infrastruktur, regulasi dan SDM yang mengacu pada konsep pemerataan dan Nawa Cita.

Setelah penandatangan ini, daerah akan mendapatkan pendanpingan guna menyusun master plan. Pendampingan dilakukan oleh akademisi dan praktisi smart city dari berbagai institusi seperti i Universitas Indonesia, ITB, Perbanas dan UMN.

Master plan yang dihasilkan akan mencakup rencana pembangunan smart city di masing-masing kabupaten/kota dalam 5-10 tahun ke depan. Selain itu, setiap daerah juga akan memiliki program pintas yang hasilnya bisa dirasakan masyarakat dalam setahun ke depan.

Wah, enggak sabar nih, merasakan kegiatan smart city. Yuk, kita dukung bareng-bareng! Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "50 Wali Kota dan Bupati Teken Gerakan Menuju 100 Smart City".