10 Film Terbaik dari Seluruh Dunia yang Tayang di Festival Film Cannes. Wajib Nonton!

By Kinanti Nuke Mahardini, Rabu, 9 Mei 2018 | 08:19 WIB
foto: theupcoming (Kinanti Nuke Mahardini)

Tahun ini, salah satu festival film bergengsi dunia, Cannes Film Festival kembali digelar. Diselenggarakan di kota Cannes, Perancis, film ini menjadi salah satu ajang bagi sineas dari seluruh dunia untuk meluncurkan film terbaru mereka dan mencoba menjual karyanya pada distributor film yang datang. Penghargaan paling bergengsi di film ini ialah Palme d’Or. Penghargaan tersebut akan diberikan untuk film terbaik. Di 2018, terdapat 10 film dari seluruh dunia yang mencoba untuk memperebutkan Palme d’Or. Berikut 10 film terbaik yang tayang di Festival Film Cannes dan wajib kita tonton:

(Baca juga: Superhero Sesungguhnya, Ini 5 Hal Manis Sekaligus Mengharukan yang Dilakukan Pemeran Superhero)

Diperankan oleh Behnaz Jafari, film asal Iran ini menceritakan tentang bagaimana seorang gadis desa berusaha untuk melarikan diri dari keluarganya yang konservatif. Satu keinginan gadis tersebut ialah ingin menghadiri sebuah sekolah drama di Teheran, Ibu Kota Iran. Film ini menjadi salah satu film yang wajib ditonton karena perjuangan seorang perempuan muda untuk menuntutut ilmu sangat sulit. Kesulitan tersebut disebabkan karena nilai dan adat setempat ternyata bertolak belakang dengan menuntut ilmu.

Film asal Argentina karya Gaspar Noe ini menceritakan tentang bagaimana sebuah perjalanan seorang remaja yang akan mencapai akhirnya, klimaks. Klimaks tersebut akan berakhir sesuai dengan bagaimana kita memulai. Dengan kata lain, jika seorang yang memutuskan menggunakan narkoba pasti akan berakhir buruk sama buruknya seperti narkoba tersebut, sama seperti film tersebut.

Bercerita tentang seorang perempuan yang berjuang untuk melawan penindasan laki-laki di Irak. Film ini merupakan hasil karya sutradara Eva Husson dan wajib ditonton. Fyi, Eva Husson merupakan salah satu sutradara perempuan yang filmnya berhasil masuk sebagai nominasi Palme d’Or dari sepuluh sutradara lainnya.

Sutradara senior asal Perancis, Jean Luc Godard kali ini menampilkan sebuah film yang ekspresif sekaligus realistis. Film The Image Book merupakan salah satu film eksperimen Godard yang ternyata masuk ke Cannes. Film ini bercerita tentang bagaimana mimpi dari banyak orang yang tertutup karena perang. Godard pernah memenangkan Palme d’Or pada 2014.

Setelah menjalani hukuman selama 7 tahun penjara karena tuduhan melakukan pelecehan seksual, sutradara Denmark Lars von Trier kembali ke industri film melalui ‘The House That Jack Built’. Film ini bercerita tentang seorang anak berusia 12 tahun yang dituduh menjadi pembunuh. Selama sisa hidupnya, ia harus berjuang mencari jati diri dan mendefinisikan apa kata pembunuh. How deep!

(Baca juga: 10 Meme Met Gala 2018 yang Paling Kocak dan Dijamin Bikin Kita Ngakak!)

Diangkat dari kisah nyata, film ini menceritakan tentang bagaimana Ron Stallworth, seorang perwira kulit hitam menyusup masuk ke sekte Ku Klux Klan. Fyi, Ku Klux Klan merupakan sekte yang mengajarkan bahwa orang kulit hitam ialah paling sempurna dan pengikut sekte tersebut harus membunuh orang kulit hitam. Perjuangan Ron Stallworth menjadi alasan mengapa film ini wajib ditonton.

Diadaptasi dari cerpen Jepang yang berjudul Barn Burning, film ini menceritakan tentang bagimana perjalanan Jongsu, seorang laki-laki Korea saat kembali dari Afrika. Petualangan dan Perjuangan Jongsu menjadi fokus utama dari film ini.

Cerita yang disusun oleh Pawel Pawlikowski ini menceritakan tentang perang dingin yang terjadi di tahun 1940-an. Dalam perang dingin, bukan hanya keluarga yang dikorbankan namun cinta dari beberapa orang juga dikorbankan dalam film ini.

Film bergenre thriller ini menceritakan bagaimana skandal yang tampil di publik ternyata merupakan hasil konspirasi dari banyak pihak. Under the Silver Lake ini mengambil setting di Los Angeles.

Dogman merupakan salah satu film yang berasal dari Italia. Film ini menveritakan tentang bagaimana seorang laki-laki yang berusaha balas dendam atas penderitaan bahkan rasa sakitnya. Namun, ia akan balas dendam dengan menggunakan cinta dan kebjiaksanaan. Gimana ya, girls?

(Baca juga: 5 Drama yang Awal Tayang Disukai Semua Orang, Namun Lama-Lama Rating Turun. Sayang Banget!)