5 Seleb Hollywood yang Pernah Melukai Diri Sendiri (Self Harm). Kisahnya Menyentuh Banget

By Kinanti Nuke Mahardini, Sabtu, 26 Mei 2018 | 03:55 WIB
foto: celebmafia (Kinanti Nuke Mahardini)

Banyak pengertian tentang self harm ya, girls. Namun, secara umum self harm dapat didefinisikan sebagai tindakan yang sengaja dilakukan untuk melukai diri sendiri. Mengiris, menggores, melukai, membakar, bahkan mememarkan beberapa anggota tubuh. Biasanya, self harm dilakukan sebagai pelampiasan emosi dan depresi yang tidak tertangani.

Bukan enggak mungkin mereka yang pernah mengalami depresi juga mengalami self harm, meskipun enggak semuanya. Begitu pula dengan seleb Hollywood. Seleb Hollywood ini mengaku depresi dan pernah menyakiti dirinya sendiri. Berikut 5 seleb Hollywood yang pernah berjuang melawan self harm:

(Baca juga: 6 Seleb Hollywood Ini Memainkan Dua Karakter di Film Superhero yang Berbeda. Pernah Menyadarinya?)

Belum lama ini aktris yang merupakan putri dari Will Smith dan Jada Pinkett Smith ini mengungkapkan bahwa ia pernah berjuang melawan self harm dan depresi ringan.

Saat itu, Willow masih berusia 11 tahun ketika merilis Whip My Hair. Single miliknya yang langsung hits bahkan berada di posisi ke 11 pada Billboard’s Hot 100 tidak membuatnya bahagia. Soalnya, produser musiknya langsung memaksa Willow menyelesaikan album.

Padahal di usia 11 tahun, Willow ingin tumbuh sebagai remaja yang baik bukan bekerja. Mengalami depresi ringan, Willow akhirnya mencoba memotong pergelangannya sendiri. Ibunya yang menyadari ada yang salah dengan putrinya langsung menanyakan dan berkonsultasi pada pihak berwajib.

Eating disorder yang dialami oleh Demi membuatnya mengalami depresi ringan. Demi yang saat itu berusia 18 tahun berpikir bahwa ia sakit secara fisik dan mental. Dilansir dari cbsnews.com, Demi pernah mencoba memotong pergelangan tangannya namun gagal karena ia langsung ditangani oleh pihak yang lebih ahli. Semenjak itu, Demi mendapatkan perawatan untuk eating disorder, self harm, dan depresi yang dialaminya.

Di balik karir Megan Fox yang cemerlang, ia ternyata pernah mencoba memotong pergelangan tangan dan salah satu otot di tubuhnya. Dilansir dari cbsnews.com, Megan mengatakan bahwa “Pada salah satu masa di hidup perempuan, mereka akan berubah. Tidak siap dengan perubahan itu membuatku mengalami eating disorder dan mencoba menyakiti diriku sendiri.”

(Baca juga: Setelah Hiatus, Fifth Harmony Resmi Bubar? Berikut Informasi yang Wajib Kita Ketahui!)

Kepada USA Today, Angelina Jolie mengungkapkan bahwa dirinya pernah mencoba memotong pergelangan tangannya. Saat itu, Angelina baru berusia 20 tahunan. Masih dilansir dari sumber yang sama, Angelina hanya merasakan insecure dan takut tanpa sebab dari waktu ke waktu.

Ia tidak bisa bercerita pada teman-temannya. Akhirnya, Angelina Jolie bercerita pada keluarganya dan mendapatkan teman bercerita sesuai kebutuhannya. Kini, Angelina sudah menjadi aktris sukses. Bahkan kisah hidupnya sendiri, ia bukukan.

Dilansir dari stars.topix, tubuh Johnny adalah saksi bisu dari perjalanan hidupnya. Soalnya sebelum membentuk tato sebagai seni dalam tubuhnya, Johnny pernah dengan sengaja membuat luka di tubuhnya menggunakan pisau sebagai pelampiasan depresinya. Beruntung, Johnny telah menemukan seni yang menjadi kesenangan dan pelampiasannya.

Bukan enggak mungkin kalau depresi bisa menghampiri kita. Oleh karena itu, apabila kita memiliki gejala depresi, kita boleh bercerita kepada orang yang kita percaya. Berbagi beban bisa membuat pikiran kita lebih ringan, lho.

Enggak hanya itu, cari sesuatu yang kita senangi. Musik, menggambar, dan seni lainnya dapat membantu kita mengalihkan pikiran untuk menyakiti diri sendiri dan tergantikan dengan kegiatan yang positif. Seleb Hollywood bisa melawan penyakitnya, kenapa kita enggak?

(Baca juga: 5 Alasan Film Deadpool 2 Kaya Akan Nilai Hidup dan Menarik Buat Ditonton!)